Fitur Baru WhatsApp Anti Blokir?

35
whatsapp anti blokir
whatsapp anti blokir

redaksipil – Sekarang fitur WhatsApp anti blokir sudah ada. Fitur baru ini memungkinkannya pemakai untuk selalu dapat memakai WhatsApp lewat proxy walau koneksi internetnya terbatasi oleh keadaan tertentu, seperti dikunci oleh pemerintahan.

WhatsApp menjelaskan lewat halaman resminya: “Kami memberi kendalian ke mereka yang bisa terhubung WhatsApp saat mereka dikunci atau terbatasi.”

“Pilih proxy memungkinkannya Anda tersambung ke WhatsApp lewat server yang dibuat oleh relawan dan organisasi di penjuru dunia yang diperuntukkan untuk menolong orang berbicara dengan bebas,” lanjut WhatsApp.

Akses Tembus Proxy

Walau memakai proxy, aksesnya akan lewat server yang lain, WhatsApp pastikan jika pesan yang dikirimkan diproteksi oleh enkripsi end-to-end.

Sebelumnya, WhatsApp sendiri sebetulnya mengatakan jika program itu tidak direncanakan untuk dipakai lewat proxy atau VPN.

Info ini awalannya di-publish di halaman support WhatsApp dan dihapus dengan diluncurkannya support proxy.

whatsapp anti blokir
whatsapp anti blokir

Support proxy di WhatsApp sendiri telah digelontorkan ke semua pemakai secara global, terhitung pemakai iOS dan Android.

Tentu saja pemakai harus pastikan jika program yang dipakai ialah versus terkini. WhatsApp melaunching fitur itu sesudah Iran batasi akses ke aplikasinya beberapa waktu kemarin.

Waktu itu WhatsApp terima banyak laporan jika pemakai Iran dilarang terhubung program.

WhatsApp menyikapi laporan itu dan lakukan beragam usaha supaya pemakai masih tetap bisa terhubung WhatsApp.

WhatsApp mengharap untuk akhiri penutupan program tahun ini, khususnya karena praktek itu menyalahi hak asasi manusia.

Dikunci Beragam Negara
“Limitasi sama seperti yang sudah kita saksikan di Iran sepanjang beberapa bulan menyanggah hak asasi manusia dan menampik akses orang ke kontribusi genting.”

“Sementara limitasi ini sudah semakin makin tambah meluas, kami mengharap jalan keluar ini akan menolong orang dimana saja mereka memerlukan untuk berbicara dengan nyaman dan aman,” kata WhatsApp dalam posting yang serupa.

WhatsApp sendiri dikunci di beberapa negara seperti China, Korea Utara, Vietnam, Iran dan beberapa yang lain.

Sinyal telah memakai proxy, bukan hanya WhatsApp, program perpesanan instant Sinyal akan memberikan dukungan proxy awal tahun 2021.

Tahun itu, support proxy di-launching untuk pemakai Sinyal versus Android, saat sebelum diperlebar ke iOS pada September 2022.

Argumen yang serupa dengan WhatsApp, yaitu program Sinyal dikunci di Iran semenjak Jumat (6/1/2023).