Viral! Arab Saudi Ingin Bangun Ka’bah Baru

16

redaksipil – Viral! Arab Saudi akan bangun Ka’bah baru di Ibu Kota Riyadh, perancangan bangunan tersebut membuat kontroversi bagi seluruh Umat Muslim di dunia akan hal tersebut.

Bangunan berbentuk kubus yang diberi nama Mukaab (kubus) itu mengingatkan orang pada Ka’bah yang selama ini dianggap sebagai bangunan suci Umat muslim di Kota Makkah dan seluruh dunia.

Perancangan tersebut dikatakan oleh Putra Mahkota Saudi Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) dengan tujuan ingin membangun peradaban modern yang lebih canggih.

Proyek tersebut akan merenovasi alun-alun bersejarah Al-Murabba di Riyadh, nama itu diambil dari sebuah sumur berbentuk kotak di alun-alun tersebut. Istana Murabba yang dibangun di luar bekas dinding Kota Tua Riyadh yang dulu dibangun oleh Raja Abdulaziz juga diberi nama yang sama.

Ukuran Bangunan Sangat Luas

Viral! Arab Saudi
Viral! Arab Saudi

Mengutip laporan dari Arab News, Murabba baru yang akan dibangun nantinya termasuk daerah pedestrian hijau yang akan dilengkapi dengan museum, universitas teknologi dan desain, teater serba guna dan tempat-tempat budaya serta hiburan.

“Kawasan pusat kota Riyadh itu juga akan dibangun Mukaab, bangunan berteknologi tinggi dan akan menjadi salah satu bangunan terbesar di dunia dengan lebar 400 meter, tinggi 400 meter berbentuk kubus dengan memaksimalkan penggunaan lahan, dikutip pada laman The Middle East Monitor, Sabtu(19/2/2023).

Gaya bangunan tersebut terinspirasi dari Arsitektur Nadji,daerah yang menjadi nenek moyang bangsa Saudi kampung halaman dinasti Saudi.

Bangunan Mukaab sendiri nantinya mempunyai ukuran yang sangat fantastis seperti Empire State New York dan memiliki gedung berbentuk spiral di tengahnya.

Proyek bangunan gedung Mukaab sendiri memakan biaya biaya yang sangaat fantastis juga, dengan biaya Dana Investasi Publik dan menjadi bagian dari Visi2030 dari MBS diharapkan memberi pemasukan senilai USD 50 juta, menciptakan 334.000 lapangan kerja.

Mendapat Kecaman Umat Muslim

Berbeda pendapat dengan yang lain bagi seluruh Umat Muslim di dunia akan hal tersebut.

Akademisi Dr Muhammad Al-Hachimi Al-Hamidi mengatakan “Apakah Muhammad bin Salman akan membangun Kabahnya sendiri di Riyadh? Ini desain yang sudah dipilih untuk proyek baru itu ‘Kabah baru untuk dunia hiburan!!” kata dia.

Akademisi lain Asad Abu Khalil mencuit: “Kelihatannya dia (putra mahkota) akan membangun Kabah. Apakah dia juga akan membuat kiblat baru?”

Berikut video bagaimana bangunan Mukaab akan berdiri di Ibu Kota Riyadh:

Cek berita menarik lainnya hanya di Redaksipil.com berbagai informasi terupdate dan terbaru dan viral telah kami rangkum untuk Anda.