Video Kegagalan Pawang Beruang Berujung Tragis

10

redaksipil – Video kegagalan pawang beruang sirkus yang “stres” sudah ada kembali dan viral di sosial media belakangan ini, memperlihatkan peristiwa seram untuk semuanya orang yang melihat episode yang dipercaya terjadi di Rusia itu.

Atraksi keliling itu berjalan di kota Olonets di Republik Karelia, sebuah daerah di barat laut Rusia, menurut kantor informasi, TASS.Russian News Agen

Beruang, yang nampaknya dipaksakan untuk lakukan banyak episode selingan, sudah tampil di tenda sirkus yang sarat dengan pemirsa yang duduk, terhitung anak-anak, dalam tindakan yang disebutkan “Clubfoot and the Garden Wheelbarrow,” merilis Vesti News.

Kutipan dari tempat peristiwa memperlihatkan beruang menggerakkan gerobak dorong, lalu ikuti pawangnya melewati matras, jalan tegak. Selanjutnya dia terjang, jatuhkan pawangnya ke tanah. Anggota staff sirkus yang lain segera merapat, menyepak pinggang dan pundak beruang itu. Ada pekikan dari beberapa pemirsa yang duduk di dekat ring tanpa penghambat salah satunya.

Pada akhirnya beruang itu sukses “dikalahkan”, melapor TASS. Baik pawang atau pemirsa tidak ada cedera.

Seorang jubir sirkus menjelaskan beruang itu punya si pawang dan bukan selingan masih tetap sirkus, dan perlakuan itu sudah disetop dari atraksi. “Sesudah (kejadian itu), kami memilih untuk pisah dengan aktris itu, dan perlakuan itu akan dihapus dari program,” ucapnya, menurut TASS. “Tidak ada yang serius, artisnya baik saja, beruangnya baik saja, tidak ada yang membunuh beruang itu karena hewan itu tidak bersalah.”

Perwakilan sirkus merekomendasikan ke TASS jika beruang itu bisa jadi serang sebab menganggap takut dan frustasi oleh photografi flash dari handphone pemirsa. Sirkus itu semestinya tampil selanjutnya di kota Sortavala, tapi sudah hentikan turnya dan tinggalkan Karelia, menurut TASS.

Petinggi Karelia sedang menyelidik kejadian itu. Gennady Saraev, komisaris hak asasi manusia dan anak-anak Karelia, menjelaskan jika ia akan mengecek undang-undang yang ada sekitar keselamatan khalayak di beberapa acara semacam ini.

Perlakuan hewan sirkus sudah jadi perhatian dalam tahun-tahun ini, dengan beberapa yang mendakwa atraksi itu sebagai eksplorasi dan penghinaan hewan. Banyak sisi Amerika Serikat sudah mulai larang perlakuan binatang secara langsung; ilegal memakai hewan liar atau eksotik dalam tindakan di New Jersey, sementara Illinois dan New York mempunyai undang-undang yang larang pemakaian gajah.

Atraksi sirkus hewan mempunyai riwayat panjang di Rusia dan masih tetap terkenal sampai sekarang ini, tapi ada pertanda peralihan – seorang walikota di Rusia selatan larang sirkus yang memakai hewan liar di bulan Mei karena argumen norma, menurut media massa punya negara Rossiyskaya Gazeta.