Langkah Efisien Tegur Anak Main Lato-lato

34
lato lato
lato lato

redaksipil – Suara mainan lato-lato sekarang telah menggema di mana saja. Sempat berpikir bagaimana Cara tegur anak main lato-lato. Kemungkinan kamu satu diantaranya yang mengeluhkan suara berisik yang dibuat mainan ini.

Lalu supaya efisien dan tidak salah cara, bagaimanakah cara menyapa anak saat seorang terusik oleh suara lato-lato?

Psikiater medis dan founder pusat diskusi Anastasia and Associate, Anastasia Sari Dewi, menyikapi beberapa pertanyaan masalah lato-lato. Jika kata Dewi bukan lantaran terusik oleh suaranya, tetapi karena resiko bahaya cidera di lingkungan sekitaran atau anak yang bermain.

Bila ingin menyapa anak itu, Sari merekomendasikan, ikutsertakan orang paling dekat atau orangtua dari anak itu.

Tegur Anak Main Lato-lato
Tegur Anak Main Lato-lato

Berikan Pemahaman Secara Perlahan-lahan
Sari merekomendasikan anak-anak supaya dikasih pemahaman secara perlahan-lahan, dibanding langsung membentak dan stop. Argumennya, anak-anak belum mempunyai kemampuan empati yang serupa sama orang dewasa.

“Beri pemahaman secara baik mengapa argumen Anda minta orangtua itu hentikan anaknya bermain lato-lato. Misalnya, sedang ada di sarana umum yang memerlukan ketenangan atau misalnya memerlukan kesungguhan hingga suara itu mengusik, bisa dikatakan secara baik,” terangnya (10/1).

Ikutsertakan Orang Ke-3
Langkah ke-2 , bila Anda tidak berani bicara dengan orangtua dari anak yang bermain lato-lato, coba ikutsertakan faksi ke-3 . Misalkan saat ada di tempat umum, peringatan dapat dikasih ke anak-anak dan orangtua oleh petugas yang bekerja.

“Di restoran bisa saja pramusaji, atau satpam. Meminta mereka sampaikan yang mengusik. Tidak cuma dari sisi suara, tetapi dari sisi bahaya, entahlah itu terlontar atau mengakibatkan suatu hal pecah,” kata Sari.

“Didiskusikan dengan berhati-hati, dengan pengetahuan. Mungkin karena tidak seluruhnya orang berpikiran sepanjang itu mengenai permasalahan resiko seperti ini,” sambungnya.

Tegur Anak Main Lato-lato
Tegur Anak Main Lato-lato

Coba Mengajak Anak Berbicara
Supaya tidak berkesan geram dan memberikan ancaman, anjuran Sari, coba bicara dengan anak dengan turunkan sikap badan anak sama dengan anak bermain lato-lato.

“Seperti anak normal, tolong turunkan sikap tubuh supaya sejajar dengan anak,”

“Bicaralah secara halus atau perlahan-lahan, atau kamu dapat ajaknya atau memerintah orang tuanya membawa ke lain tempat yang semakin aman atau sarana umum yang lain supaya ia tidak mengusik seseorang dan tidak boleh bicara terlampau keras,” kata Sarri.