Tantangan Serius Indonesia Memerangi Korupsi

11

redaksipil – Tantangan serius Indonesia dalam menangani kasus korupsi yang sudah dirinci oleh Transparency International melaunching Corruption Perception Indeks (CPI) atau Index Pemahaman Korupsi 2022. Hasilnya Indonesia disebutkan alami rintangan yang serius untuk menantang korupsi.

Ini karena pada 2022 score CPI Indonesia alami pengurangan dibandingkan 2021.

“Indonesia terus alami rintangan serius dalam menantang korupsi. CPI Indonesia tahun 2022 ada di score 34/100 dan ada di rangking 110 dari 180 negara yang disurvey,” kata Deputi Sekretaris Jenderal Transparency International Indonesia, Wawan Suyatmiko, saat melangsungkan pertemuan jurnalis di Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2023).

Wawan menjelaskan pada 2021 score CPI Indonesia ada di angka 38/100, turun 4 point pada 2022. Wawan menyebutkan pengurangan itu paling mencolok semenjak 1995.

Tantangan Serius Indonesia
Tantangan Serius Indonesia

“Dengan hasil ini, Indonesia cuma sanggup meningkatkan score CPI sekitar 2 point dari score 32 sepanjang satu dasawarsa paling akhir semenjak tahun 2012,” kata Wawan.

Score CPI Indonesia itu disebutkan menunjukkan tanggapan pada praktek korupsi masih condong jalan lamban.

“Bahkan juga terus lebih buruk karena kurangnya support yang riil dari beberapa penopang kebutuhan,” tegasnya.

Jadi Tanda Global

Untuk dipahami, Index Pemahaman Korupsi sudah jadi tanda global khusus korupsi bidang khalayak semenjak 1995.

Index memandang 180 negara dan kawasan di penjuru dunia berdasar pemahaman korupsi bidang khalayak. Dengan memakai data dari 13 sumber external, terhitung Bank Dunia, Komunitas Ekonomi Dunia, resiko swasta dan perusahaan konselor, tempat pemikir, dan sebagainya. Score menggambarkan penglihatan beberapa pakar dan pelaku bisnis.