Subsidi 7 Juta Bagi Pembeli Motor Listrik

14

Redaksipil – Subsidi 7 Juta Pemerintahan pada akhirnya umumkan dana untuk customer konsumen kendaraan listrik. Ada tiga tipe kendaraan yang akan memperoleh kontribusi dari pemerintahan yaitu motor listrik, mobil listrik dan bis memiliki tenaga listrik.

Dalam rencana pemberian kontribusi ini, pemerintahan sudah tentukan jumlah kendaraan yang mendapatkan kemudahan. Gagasannya kontribusi ini mulai berlaku mulai 20 Maret 2023. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menguraikan, jumlah motor listrik yang akan mendapatkan tunjangan pemerintah sekitar 200.000 unit, mobil sekitar 35.900 unit, dan bis listrik 138 unit.

Subsidi 7 Juta Bagi Pembeli Motor Listrik
Subsidi 7 Juta Bagi Pembeli Motor Listrik

Perlu dicatat untuk mobil, tidak berlaku untuk semuanya mode. Agus memperjelas, ada dua mode yang akan memperoleh kontribusi dari pemerintahan yaitu yang telah lakukan produksi dalam negeri.

“Untuk kendaraan beroda 4 mobil di mana kita kenali jika saat ini ada 2 produsen Hyundai Ioniq 5 dan Wuling itu kami usulkan untuk beberapa 35.900 unit kendaraan diberi tunjangan pemerintah sampai Desember 2023. Untuk bis kami usulkan beberapa 138 unit sampai Desember 2023,” jelas Agus dalam pertemuan jurnalis Stimulan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasiskan Battery, Senin (6/3/2023).

Adapun pemberian tunjangan pemerintah untuk pembelian motor listrik sejumlah Rp tujuh juta. Itu berlaku untuk pembelian motor baru dan alterasi motor. Sementara untuk kendaraan beroda 4 dan bis listrik belum sempat disebut menguraikan.

Harus dipahami , motor atau mobil listrik yang mendapatkan tunjangan pemerintah itu harus dibuat di Indonesia dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimum 40%. Produsen motor disuruh tidak meningkatkan nilai jual motor sepanjang masa pemberian kontribusi dari pemerintahan itu.

“Produsen akan mendaftar tipe kendaraan yang sudah penuhi nilai TKDN 40% yang diisyaratkan dalam mekanisme. Jika beroda 4 baru dua yakni (Hyundai) Ioniq 5 dan Wuling jika motor Gesits, Volta, dan Selis,” jelas Agus.

Cek berita menarik lainnya hanya di Redaksipil.com berbagai informasi terupdate dan terbaru dan viral telah kami rangkum untuk Anda.