Smartphone Baru Q1 di Indonesia Berwarna Warni

17

redaksipil – Smartphone Baru Q1 Vivo jadi supplier handphone paling besar di Indonesia pada Q4 2020. Dari keseluruhan pengangkutan handphone sejauh 2020 (36,8 juta), vivo mencatatkan market share 23,3% pada kwartal paling akhir 2020. Walau jadi merek paling besar di Tanah Air, nama vivo malah tidak terlihat di sejauh kwartal pertama 2021. Berlainan dengan supplier handphone yang lain yang mulai mengeluarkan beberapa seri produk Januari sampai Maret 2021.

Sejauh kwartal pertama 2021, terdaftar sekitaran 20 type handphone baru yang datang di Indonesia. Formasnyai bervariatif meliputi entry sampai flagship.

OPPO jadi perusahaan pertama kali yang mengeluarkan handphone baru di Indonesia. Handphone pertama kali yang di-launching OPPO pada awal tahun 2021 yakni Reno5 dan Reno5 5G. Handphone ini datang dengan feature favorit AI Highlight Video.

Masuk tengah Q1 2021, OPPO kembali memeriahkan pasar handphone dengan handphone entry-level, yakni A15s. Ini sebagai versus lain dari seri A15 yang dikeluarkan 2020 kemarin. OPPO A15s memiliki RAM lebih besar dibanding suksesornya, yakni 4GB dengan penyimpanan intern 64GB. OPPO menyombong bawa battery besar dan bertahan lama pada piranti ini, dengan kehadiran feature Power Saving Model.

OPPO

OPPO terdaftar mendatangkan Reno5 Marvel Edition. Handphone ini sebagai buah kerja-sama OPPO dengan Marvel, salah satunya studio terkenal yang banyak hasilkan beragam film box office seperti Avengers. Tidak cuma antar-muka handphone yang memiliki nuansa Marvel, case handphone ini dihias aksesories ciri khas Marvel.

Di lain sisi, OPPO ternyata saat ini masih mempunyai Reno5 versus lain yakni OPPO Reno5 F yang dikeluarkan Maret 2021. Handphone ini disokong 48MP Quad Kamera, yang diperlengkapi juga dengan camera pojok lebar 8MP, camera makro 2MP, dan camera mono 2MP. Disamping itu, OPPO lengkapi camera depannya dengan resolusi 32MP. Handphone ini ikut diperlengkapi beragam feature photografi, terhitung AI Colour Portrait yang membuat subyek photo terlihat lebih mencolok dengan permainan isolasi warna.

SAMSUNG

Buka tahun baru, Samsung mendatangkan flagship barunya ke Indonesia, tidak lama sesudah handphone ini di-launching global. Galaxy S21 seri yang dibawa ke Tanah Air juga disokong konektivitas 5G. Ini sekalian mengidentifikasi kiprah support 5G pada handphone Samsung yang melaju di Indonesia. Sebagai handphone flagship, Galaxy S21 seri bawa beberapa kenaikan fitur, baik dari segi perform atau camera. Seperti awalnya, Samsung bawa Galaxy S21 seri komplet, meliputi Galaxy S21 reguler, S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra ke Tanah Air.

Masuk Februari 2021, Samsung memeriahkan pasar handphone fragmen entry-level dengan mengeluarkan Galaxy M02. Piranti ini memercayakan kekuatan battery, dengan kemampuan yang semakin lebih besar 5.000 mAh.

Dalam pada itu pada Maret 2021, Samsung mendatangkan barisan Galaxy A baru meliputi Galaxy A32, A52 dan A72. Ke-3 nya masuk ke kelompok handphone kelas menengah di Indonesia. Galaxy A32 bawa camera 64MP, battery 5000 mAh sampai refresh rate 90Hz. Sementara Galaxy A52 dan A72 datang dengan fitur yang lebih hebat terhitung support zoom digital 30x sampai kehadiran IP67 yang membuat tahan terhadap air. Ini ikut mengidentifikasi kiprah feature tahan terhadap air pada Galaxy A seri.

XIAOMI

Xiaomi mulai pancal gas pada awal tahun dengan mengeluarkan Poco M3 di akhir Januari. Seperti perintisnya, handphone ini direncanakan fitur oke, tetapi dibandrol harga yang dapat dijangkau. Tetapi melihat fiturnya, handphone ini masuk kelompok entry-level bukannya mid-range seperti Poco F1. Walau begitu, loyalitas Xiaomi untuk mendatangkan handphone hebat pada harga terbaik masih tetap bisa dipertahankan karena Poco M3 diperkokoh processor Snapdragon 662, battery 6.000 mAh, camera 48MP dan RAM dimulai dari 4GB. Walau fiturnya oke, handphone ini cuma dibandrol Rp1,8 juta-an.

Di tengah kwartal, Xiaomi kembali memeriahkan fragmen entry-level dengan Redmi 9T yang mengangkat chipset dari Qualcomm, Snapdragon 662. Berdasar pembahasan team Tek.id, handphone ini menang spesifikasi dalam kelasnya. Mulai dari kemampuan battery 6.000 mAh, sampai pilihan RAM yang bermacam. Harga juga saat ini masih ada di kisaran yang serupa dengan handphone entry-level baru yang lain, seperti OPPO A15s dan Samsung Galaxy M02.

Tidak main-main, perusahaan mengeluarkan handphone flagship terbaru ke Indonesia di tengah Maret. Dia ialah Mi 11 yang disebut handphone pertama dengan Snapdragon 888.

Mi 11 diberi monitor WQHD+ AMOLED 6,8 inch yang memberikan dukungan refresh rate 120Hz. Disamping itu, monitornya memberikan dukungan touch sample rate paling tinggi di pasar sekarang ini, yaitu 480Hz. Camera intinya sendiri mempunyai resolusi 108MP. Walau cuma diberi battery 4600 mAh, handphone ini bisa berisi penuh dalam 53 menit karena support pengisian cepat 55W.

Tutup kwartal pertama 2021, Xiaomi mendatangkan jawara terbaru Redmi Catatan 10 seri. Lain dengan di negara aslinya, Tiongkok, Xiaomi Indonesia cuma membawa dua variasi yakni Redmi Catatan 10 dan Redmi Catatan 10 Pro. Ke-2 nya memercayakan monitor berteknologi AMOLED sebagai fitur favorit. Disamping itu, handphone ini diperkokoh empat camera, di mana camera khusus versus Pro mempunyai resolusi 108 MP.

REALME

Tidak seperti merk yang lain yang mulai terus-menerus mengeluarkan handphone semenjak bulan awal 2021, realme mangkir di Januari dan Februari. Meskipun begitu, realme jadi supplier pertama kali yang mendatangkan handphone baru pada Maret 2021. Lewat seri narzo 30A, realme mengeluarkan handphone ini dengan tagline “Best Nilai Gaming Handphone pada harga Rp 1 juta-an”. Sesuai tagline itu, narzo 30A memang dibandrol harga satu juta-an. Namun, processor yang menyangga dapurnya ialah Helio G85, yang direncanakan bisa memaksimalkan kegiatan bermain game.

Sesudah narzo 30A, realme mendatangkan dua handphone baru pada bulan yang serupa. realme C21 dan C25 dikeluarkan bertepatan di Indonesia di mana seri C25 untuk pertamanya kali secara global di-launching di Indonesia. Ke-2 nya memang diperuntukkan untuk kelas entry. realme berusaha mengepak handphone ini dengan beragam fitur menarik seperti processor yang direncanakan untuk memberikan dukungan kegiatan bermain games sampai tiga camera.

Smartphone Baru Q1
Smartphone Baru Q1

Apa Yang Baru di 2021?

Berdasar data di atas, Samsung terdaftar paling agresif di mana jumlah handphone baru yang di-launching perusahaan semakin banyak dibandingkan yang lain. Typenya juga variasi dimulai dari entry sampai flagship. Flagship Samsung sendiri ada dalam tiga variasi hingga menambahkan portfolio perusahaan di saat penyeluncuran yang bertepatan.

Xiaomi adopsi cara sama dengan mendatangkan handphone baru fragmen entry sampai flagship. Namun macam dari 1 type handphone tidak banyak sekali seperti Samsung.

OPPO sendiri belum juga mengeluarkan flagship-nya ke Indonesia karena sejauh kwartal pertama 2021 cuma mendatangkan handphone entry sampai mid-level. Sementara realme saat ini masih konsentrasi main di fragmen entry tingkat tetapi tengah menyiapkan handphone kelas menengah dalam kurun waktu dekat.

Dari segi feature, refresh rate monitor yang terkenal di dunia handphone semenjak tahun kemarin ternyata masih jadi pemanis pada tahun ini. Dimulai dari refresh rate 60Hz, 90Hz, sampai 120Hz, feature ini sering di-highlight perusahaan saat mengenalkan handphone terbaru. Begitu halnya support touch sample rate yang difavoritkan perusahaan dalam mengeluarkan handphone baru.

Belum juga processor gaming yang makin membuat bertambah baris handphone kelas menengah. Seperti disebut sebelumnya, realme Indonesia bahkan juga optimis mengikutkan Helio G85 yang disebut chipset gaming, ke narzo 30A yang di-launching untuk fragmen entry-level. Disamping itu, beragam handphone sekarang direncanakan support konektivitas 5G, sampai battery besar capai 6000 mAh. Tidak ketinggal juga support tehnologi pengisian cepat yang makin hari semakin cepat.

Gabungan ini makin memberikan dukungan kegiatan bermain game mobile, terutamanya untuk pemakai handphone entry sampai menengah. Bermain game sendiri sebagai salah satunya kegiatan yang kerap dilaksanakan pemakai sepanjang wabah.

Di periode yang serupa, pemakaian handphone makin dihandalkan dalam jalankan kegiatan. Karena, sepanjang wabah beberapa hal yang sudah dilakukan dengan digital lewat handphone, sebagaimana untuk sekolah dari rumah. Ini berlaku untuk semua kalangan masyarakat.

Pada akhirannya, keadaan ini menggerakkan beberapa orang untuk mempunyai handphone buat memberikan dukungan kegiatannya. Tetapi ingat harga jadi pemikiran warga Indonesia saat menentukan handphone, handphone entry-level sampai mid-level jadi opsi khusus. Masalahnya fitur yang lengkapi piranti fragmen ini juga sanggup mendukung kegiatan belajar online dan yang lain.

Tidak sangsi bila beragam supplier di atas juga mendatangkan beberapa handphone kelas entry sampai menengah. Pasti tanpa tidak pedulikan handphone flagship.