Sidang Etik Bharada E Hadirkan Delapan Saksi

20

redaksipil – Sidang Etik Bharada E hadirkan sebanyak delapan saksi dalam sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP). Sidang Etik tersebut menentukan karier Bharada E atau Richard Eliezer Pudihang Lumiu dalam kasus perkara pembunuhan berencana Brigadir J.

“Ada delapan saksi,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan di Gedung TNCC Mabes Polri, Jakarta, Rabu (22/2/2023).

Ramadhan tidak menguraikan delapan saksi yang didatangkan dalam sidang etik Bharada E. Ia cuma mengatakan, sidang dipegang oleh ketua komisi etik, wakil ketua dan anggota komisi etik.

“Sidang didatangi oleh anggota Kompolnas, Benny Mamoto dan Poengky Indarti,” tutur Ramadhan.

Sidang etik Bharada E berjalan start pukul 10.00 WIB di ruangan sidang tiga gedung TNCC Divpropam Polri. Persidangan diprediksikan berjalan sampai sore hari.

Sidang Etik Bharada E
Sidang Etik Bharada E

Ramadhan menambah, pihaknya akan sampaikan hasil sidang etik jika sudah ditetapkan oleh Komisi KKEP.

“Insya Allah semoga sore hari ini atau bergantung realisasinya bahkan malam tetapi semoga ini hari telah ada keputusan,” kata Ramadhan.

Awalnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, Polri akan menimbang semua faktor. Baik faktor memudahkan atau memperberat dalam memberi ancaman etik ke Richard Eliezer. Status sebagai justice collaborator dalam memaparkan pembunuhan Brigadir J dan dorongan warga supaya Polri terima kembali Richard Eliezer bekerja di Brimob pasti akan diperhitungkan.

Bharada E atau Richard Eliezer Pudihang Lumiu dijatuhi vonis hukuman penjara sepanjang 1,lima tahun oleh majelis hakim PN Jaksel dalam persidangan Rabu (15/2/2023). Vonis ini tersangkut status Richard Eliezer sebagai salah satunya tersangka kasus pembunuhan merencanakan Brigadir J. Atas vonis itu, JPU memilih tidak ajukan banding hingga keputusan itu memiliki sifat inkrah atau masih tetap.

Cek berita menarik lainnya hanya di Redaksipil.com berbagai informasi terupdate dan terbaru dan viral telah kami rangkum untuk Anda.