Reaksi Jokowi Kaesang Ingin Terjun ke Politik

8

redaksipil – Reaksi Jokowi Kaesang putra bungsunya yakni Kaesang Pangarep yang hendak masuk ke dunia politik. Jokowi akui tidak turut – ikut-ikutan masalah keputusan yang hendak diambil oleh Kaesang.

Disamping itu, Bekas Wali Kota Solo itu menjelaskan, Kaesang telah mempunyai keluarga sendiri dan ia berasumsi jika putra bungsunya itu bisa putuskan segalanya suatu hal, terhitung ketika akan masuk ke dunia politik.

“Saya tidak mempengaruhi, saya tidak putuskan karena mereka telah mempunyai keluarga sendiri. Harus bertanggung-jawab, dapat putuskan sendiri, saya tidak akan ikut-ikut,” tutur Jokowi ke reporter di teritori Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu 29 Januari 2023.

Jokowi menjelaskan jika Kaesang telah lakukan perbincangan padanya masalah ingin masuk ke dunia politik. Presiden menyebutkan dianya akan memberikan kebebasan ke Kaesang.

“Telah bicara ke saya, tetapi saya selalu memberi kebebasan dari mereka,” ucapnya. Awalnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memaparkan isi perbincangan saat pertemuannya dengan Presiden Jokowi pada Senin, 23 Januari 2023. Salah satunya ulasan dalam perbincangan itu cukup mencengangkan karena tersingkap bila putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep tertarik untuk masuk ke politik ikuti tapak jejak kakaknya yang Wali Kota Solo.

Reaksi Jokowi Kaesan
Reaksi Jokowi Kaesan

Peristiwa itu terjadi saat Presiden Jokowi dan keluarganya makan siang di Ono Solo Coffee dan Eatery di teritori Ngarsopuro selesai mengevaluasi Solo Solo Safari dan Solo Techno Park pada Senin, 23 Januari 2023. Selainnya mengulas mengenai perkembangan pembangunan di Solo, dalam peluang itu mengulas masalah keputusan Kaesang Pangarep.

“Tetapi tempo hari kemungkinan justru yang kita bahas di meja makan itu justru Kaesang. Ya Kaesang tempo hari, saya yo terkejut. Ia secara terbuka tempo hari sampaikan ke saya dan ke Bapak, ia ada minat di politik,” kata Gibran yang putra pertama Presiden Jokowi saat dijumpai reporter di Balai Kota Solo, Selasa, 24 Januari 2023.

Dengar Kaesang yang ingin masuk ke politik, baik Gibran atau Presiden Jokowi juga terkejut. Bahkan juga, karena sangat terkejutnya suami Selvi Ananda itu belum yakin berkaitan niat adik bungsunya yang tertarik ke dunia politik.

“Ya, saya kan baru dengar tempo hari, tenan opo ora (tentu atau mungkin tidak). Bapak ya terkejut, terkejut sek. Biasane ora tahu ngomongke ngono kui (umumnya tak pernah ngobrolin seperti itu),” tutur ia. Namun saat disentil berkaitan cara politik yang hendak diambilnya, dia tidak dapat banyak memaparkan. Pasalnya sekarang ini Kaesang masih juga dalam tahapan pendekatan dan bertanya beragam hal berkaitan politik ke dianya atau Presiden Jokowi.