Putri Candrawathi Divonis 20 Tahun Penjara

7

redaksipilPutri Candrawathi Divonis 20 Tahun Penjara berkaitan kasus pembunuhan merencanakan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Saat membacakan keputusan, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sebelumnya sempat interval termenung sesaat. Lantas hakim memperjelas jika tidak ada sesuatu hal yang meringan untuk Putri.

“Beberapa hal yang memudahkan, tidak ada,” kata Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso dalam persidangan, Senin (13/2/2023).

hal yang memperberat, tersangka sebagai istri Kadiv Propam sekalian pengurus pusat Bhayangkari. Sebagai Bendahara Umum semestinya jadi contoh tauladan anggota Bhayangkari yang lain sebagai pengiring suami.

Dalam pemikiran keputusan, Wahyu mengatakan, tindakan tersangka sudah mencoret nama istri Bhayangkari. Tersangka Putri berbelit dan tidak terang-terangan dalam persidangan.

Tersangka tidak mengaku kekeliruannya dan malah menempatkan diri sebagai korban.

“Tindakan tersangka dipandang sudah berpengaruh besar dan memunculkan rugi beragam faksi, baik materil atau moral. Bahkan juga memutuskan masa datang banyak personel anggota kepolisian,” katanya.

Putri dipastikan sudah bisa dibuktikan bersalah ikut serta dalam pembunuhan merencanakan Brigadir J.

“Jatuhkan pidana pada tersangka Putri Candrawathi dengan pidana 20 tahun penjara,” tegasnya.

Putri Candrawathi Divonis
Putri Candrawathi Divonis

Selanjutnya, hakim mengatakan tindakan Putri bisa dibuktikan dengan cara sah dan memberikan keyakinan lakukan tindak pidana ikut serta merebut nyawa seorang dengan rencana lebih dulu seperti yang didakwakan.

Dalam keputusannya, majelis hakim mengatakan Putri bersalah menyalahi Pasal 340 juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP seperti tuduhan primer dari beskal penuntut umum (JPU).

Sambo Divonis Mati

Awalnya, Sambo terlebih dahulu divonis bersalah jadi dalang pembunuhan merencanakan pada si pengawal Brigadir J.

Vonis itu diputuskan majelis hakim dan dibacakan oleh Hakim Ketua Wahyu Imam Santoso dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin siang.

“Dengan menimbang semua bukti atau bukti persidangan, majelis hakim putuskan Ferdy Sambo bersalah,” kata hakim.

Dalam vonisnya, majelis hakim bermufakat Ferdy Sambo diganjar hukuman.