Lebih Efektif Jika Praktik Langsung, Program Kartu Prakerja

14
kartu prakerja
kartu prakerja

Program Kartu Prakerja Lebih Efektif dengan Praktik Langsung

Nawawi, Kepala Pusat Evaluasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), menegaskan penerapan kartu prakerja dengan pembelajaran berbasis praktik berkelanjutan akan lebih efektif.

“Saya cukup puas jika pelatihan yang ditawarkan untuk Kartu Prakerja dilakukan semata-mata berbasis praktik. Melibatkan Balai Latihan Kerja (BLK),” kata Nawawi di sela-sela perbincangan.

Menurut Nawawi, BLK juga mampu bekerja secara mandiri dan kooperatif dengan industri.

Menurutnya, efektifitas Kartu Prakerja sejak saat itu menjadi pilihan yang layak bagi masyarakat yang berpotensi mengalami stagnasi ekonomi akibat ketidakpastian ekonomi global.

Namun menurutnya, Kartu Prakerja lebih efektif jika fokus pada program-program yang meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerja ketimbang yang dibangun di sekitar skema bansos. Pemerintah harus memiliki program bansos yang komprehensif dan terpusat, tegasnya.

Skema Program Kartu Prakerja 2023

program kartu prakerja
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, program Kartu Prakerja 2023 akan berjalan sesuai jadwal.

Pendekatan standar adalah program yang dirancang untuk membantu orang meningkatkan keterampilan dan produktivitas dalam pekerjaan mereka, mirip dengan yang disarankan sebelum pandemi Covid-19.

Bentuknya berupa bantuan biaya pelatihan secara langsung kepada peserta dalam jangka penyelesaian pelatihan dengan ragam pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling.

“Kartu Prakerja fokus pada peningkatan keterampilan karyawan sebagaimana prinsip awal program ini ditetapkan sebelum era Covid-19,” kata Airlangga Hartarto.

Piter Abdullah Redjalam, Direktur Eksekutif Segara Institute, menyatakan bahwa Program Kartu Prakerja dapat membantu siswa mengembangkan kebiasaan kerja yang produktif, memasuki dunia kerja dengan percaya diri, dan memulai bisnis mereka sendiri.

Peserta pelatihan belum tentu juga digunakan untuk mencari pekerjaan. Jadi, bisa juga untuk bisnis karena mereka boleh memilih jenis olahraga yang ingin dilakukan, kata narasumber.

Kartu Dana Prakerja 2023

Setiap peserta program Prakerja akan mendapatkan beberapa insentif. Berikut pengingat penting bagi peserta Prakerja 2023.

Bantuan biaya pelatihan Rp3.500.000 Insentif pasca pelatihan Rp600.000 yang akan diberikan setiap survei Insentif lainnya, kira-kira Rp100.000 untuk setiap dua kali survei dilakukan.

Data statistik tahun 2023 untuk Prakerja

  • WNI saat ini berusia 18 tahun.
  • Belum menempuh pendidikan formal.
  • Saat mencari pekerjaan, carilah karyawan yang memiliki pengalaman dengan PHK atau yang perlu meningkatkan tingkat keahlian di bidangnya, seperti mereka yang berwiraswasta pemilik usaha kecil dan menengah.
  • ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa, Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD, dan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD.
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang berfungsi sebagai pemegang kunci izin kerja.

Cara download kontrak kerja tahun 2023

  • Kunjungi websitenya di www.prakerja.go.id.
  • Pakai NIK dan email untuk membuat akun.
  • Masukkan data Anda ke dalam file dengan benar dengan petunjuk di grid.
  • Untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar, siapkan kertas dan alat tulis.
  • Setelah memuat tes, klik “Gabung” pada gelombang yang sedang berlangsung.