Prediksi Timnas Indonesia Vs Thailand di Piala AFF 2022

6
Prediksi Timnas Indonesia Vs Thailand
Prediksi Timnas Indonesia Vs Thailand

Jakarta – Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis, 29 Desember 2022. Pertandingannya akan berlangsung mulai 16 30 WIB dengan disiarkan langsung oleh RCTI.

Ini akan jadi penentuan bagi kedua tim dalam perebutan tiket semifinal Piala AFF 2022. Tim yang menang dipastikan akan lolos.
Indonesia dan Thailand kini sama-sama mengoleksi enam poin dari dua laga. Tapi tim berjuluk Gajah Perang tersebut memuncaki klasemen Grup A karena unggul selisih gol.

Timnas Indonesia akan menghadapi tantangan berat dalam laga ini. Dalam pertemuan melawan Thailand, Indonesia kerap kesulitan untuk menang. Bahkan setelah dilatih Shin Tae-yong kondisinya tak berbeda.

Di bawah arahan pria berusia 52 tahun ini Indonasia juga tidak pernah menang saat menghadapi Thailand: dua kali kalah dan dua kali imbang. Di pertemuan terakhir pada Piala AFF 2020, Indonesia gagal menang. Pada leg pertama, Tim Merah-Putih kalah 0-4. Kemudian dalam lima pertemuan terakhir Indonesia vs Thailand, Skuad Garuda hanya meraih dua kali imbang sisanya kalah.

“Setelah saya menjabat sebagai pelatih Indonesia, memang kami tidak pernah menang melawan Thailand. Seingat saya dua kali kalah dan dua kali seri,” kata Shin Tae-yong saat konferensi pers jelang laga lawan Thailand di SUGBK, Rabu, 28 Desember 2022.

Namun, kini Shin menyebutkan jika situasinya sudah berubah. Para pemain yang di bawa oleh Shin di Piala AFF 2022 ini sudah berada di bawah asuhanya setahun belakangan.

“Memang sebelumnya situasi kurang baik. Dan sekarang kami sudah satu tahun lebih memegang tim ini dengan baik. Jadi sudah sekarang sudah mengalami peningkatan,” ujar dia.

Timnas Indonesia kini tampil dengan kekuatan yang berbeda. Beberapa materi pemain utama dari Piala AFF 2020 masih ada. Namun, kekuatan bertambah dengan adanya tiga pemain naturalisasi, Marc Klok, Jordi Amat, dan Ilija Spasojevic.

Hal ini pun diakui oleh Pelatih Thailand, Alexander Polking. “Kebanyakan pemain Indonesia sama seperti Piala AFF lalu. Kemudian beberapa pemain juga bermain di SEA Games 2021, jadi kami tahu mayoritas dari mereka,” kata Polking.

“Dengan Jordi, Indonesia memiliki bek yang fantastis. Berpengalaman di LaLiga, tentu akan membantu kalian tapi juga membutuhkan waktu untuk mengenal rekan-rekan di timnya,” ujar Polking lagi.

Timnas Thailand datang ke Indonesia dengan rasa percaya diri dan target yang tinggi. Mereka ingin meraih poin penuh di depan pendukung Skuad Garuda.

“Ambisi kami jelas ingin memenangkan turnamen ini. Kami punya sejarah di kompetisi ini. Kami sudah enam kali juara, dan ingin meraih gelar ketujuh,” ujar dia menambahkan.

Perkiraan susunan pemain:

Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Edo Febriansyah; Rachmat Iriawan, Ricky Kambuaya; Marc Klok, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman; Muhammad Rafli.

Timnas Thailand: Kittipong Phoothawchuek; Suphanan Bureerat, Pansa Hemviboon, Kritsada Kaman, Sasalak Haiprakhon; Ekanit Panya, Theerathon Bunmathan, Sarach Yooyen, Bordin Phala; Teerasil Dangda, Adisak Kraisorn.

Lima Pertemuan Terakhir Kedua Tim:

01/01/2022 – Thailand 2-2 Indonesia
29/12/2021 – Indonesia 0-4 Thailand
03/06/2021 – Thailand 2-2 Indonesia
10/09/2019 – Indonesia 0-3 Thailand
17/11/2018 – Thailand 4-2 Indonesia.

Prediksi Indonesia vs Thailand

Pertandingan ini diperkirakan akan berjalan dengan ketat dan sengit. Shin Tae-yong akan berusaha meraih kemenangan pertamanya bersama Timnas Indonesia atas Thailand. Namun, hal itu tak akan bisa diraih dengan mudah. Kedua tim memiliki peluang menang sama besar. Kemungkinan laga berakhir seri juga sangat terbuka.