Pilot Susi Air Telah Terdeteksi Oleh Tim TNI

14

redaksipil – Pilot Susi Air telah terdeteksi kata Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menjelaskan Philips M, kapten pilot pesawat Susi Air bernomor penerbangan SI 9368 yang larikan diri dari barisan kriminil membawa senjata (KKB) di Dasar Terbang Paro, Area Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, telah teridentifikasi kehadirannya.

Usaha penyelamatan selekasnya dilaksanakan untuk selamatkan pilot pesawat itu walauf sampai sekarang dia belum ketahui titik tentu kehadiran si pilot.

“[pilot pesawat Susi Air] belum bertemu, tetapi telah teridentifikasi. Fokusnya saat ini untuk cari pilotnya,” tutur Yudo selesai mendatangi rapat pimpinan (rapim) TNI-Polri di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Februari 2023.

Pilot Susi Air
Pilot Susi Air

“[titik kehadiran pilot] itu lintang bujurnya kan telah, kan ia saat ini masih munculkan signal,” katanya.

Pilot pesawat Susi Air itu sebelumnya sempat terima teror. Selanjutnya dibantu oleh satu kelompok masyarakat yang ada di Area Paro.

Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan TNI dan Polri bersama dengan anggota Satuan tugas Damai Cartenz sedang lakukan pengkajian dalam ambil langkah pengamanan pilot pesawat Susi Air.

“Berkaitan Susi Air ini TNI-Polri dengan anggota Satuan tugas Damai Cartenz melakukan pengkajian dan kita telah berbicara dengan beberapa, jika berikan ke kita dan kita akan ambil langkah pengamanan pada pilot dari Susi Air yang sekarang ini sedang dalam penelusuran,” kata Sigit.

Panglima TNI menjelaskan tidak ada satu juga pilot atau penumpang pesawat Susi Air bernomor penerbangan SI 9368 jadi korban penyanderaan oleh KKB.

Yudo bahkan juga menyebutkan pilot pesawat Susi Air itu sudah selamatkan diri. Dia bahkan juga menanyakan kebenaran info hal penyanderaan yang ramai dibahas.

Pesawat punya Susi Air bernomor penerbangan SI 9368 dibakar oleh KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya di Dasar Terbang Paro, Area Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada Selasa pagi, 7 Pebruari 2023. Pesawat Susi Air bernomor register PK BVY dengan jalur Timika-Paro. Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Juinta Omboh (JO) Sembiring dalam pesan secara singkat benarkan peristiwa itu. “Betul pesawat susi air telah dibakar. Aktor pembakaran diperhitungkan kuat dilaksanakan oleh barisan separatis teroris pimpinan Egianus Kogoya,” ucapnya dalam pesan secara singkat.