Perhatian Kios Kecil Dilarang Jual Gas 3KG

11

redaksipil – Perhatian kios kecil! Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh mengingati jika elpiji atau LPG 3 Kg bersubsidi jangan dipasarkan lewat kios-kios kecil. Selama ini, batas pembagian cuma sampai pada pangkalan saja.

“LPG 3 Kg bantuan ini jangan dipasarkan di kios, karena batasnya sampai pangkalan,” kata Kasi Pembimbingan Usaha Hulu ESDM Aceh, Eulis Yesika Kasi, diambil dari Di antara Banda Aceh, Sabtu (25/3).

Ini dikatakan sebagai tanggapan atas jumlahnya laporan pemasaran gas LPG 3 kg bersubsidi di Aceh dipasarkan di atas harga ketengan paling tinggi (HET) yang diputuskan pemerintahan yaitu capai Rp35.000 sampai Rp40.000 per tabung.

Perhatian Kios Kecil
Perhatian Kios Kecil

Eulis memperjelas, kios-kios kecil selama ini saat ini masih dilarang jual LPG bantuan 3 Kg. Tapi mereka bisa jual LPG di atas nya seperti tabung 5 Kg, 15 Kg, sampai yang isi 50 Kg. “Peraturan telah ada (baru Permen ESDM), karena itu di depan kita akan membuat kembali peraturan (ketentuan wilayah) untuk memutuskan kios jangan jual LPG 3 kg (dapat disanksi),” katanya.

Eulis akui faksinya saat ini masih lakukan pencatatan bagaimana selanjutnya tabung gas itu dapat sampai ke kios-kios. Hingga nanti dapat dijumpai darimanakah mereka memperolehnya.

“Untuk sekarang ini, kita terus mengawasi dan akan menangani bila diketemukan ada pangkalan yang lakukan manipulasi. Semuanya perlu supaya distribusinya betul-betul pas target.”

“Karena kita kerap dapatkan itu segelnya dibuka, andaikan segelnya tidak dibuka kemungkinan kita dapat selidik dari pangkalan mana mereka peroleh,” ucapnya.

Dalam kesempatan kali ini, Eulis mengatakan jika berdasar hasil koordinir mereka dengan customer, rupanya ada banyak diketemukan pangkalan yang jual keluar itu pada harga di atas Rp30.000, Rp35.000 sampai Rp40.000 per tabung.

“Sehingga kita penginnya LPG 3 kg ini betul-betul pas target, dan kita inginkan yang memakai itu beberapa orang yang memiliki hak. Karenanya kita harus ke lapangan untuk menyaksikan sendiri,” tutup Eulis.

Cek berita menarik lainnya hanya di Redaksipil.com berbagai informasi terupdate dan terbaru dan viral telah kami rangkum untuk Anda.