Perbedaan SNBP dan SNMPTN Jalur Pendidikan

12

redaksipil – Perbedaan SNBP dan SNMPTN Penyeleksian Nasional Berdasar Prestasi (SNBP) gampang dekati tahapan registrasi. Banyak pula yang belum terlampau ketahui apakah itu SNBP. Bila dahulu ada Penyeleksian Nasional Masuk Pergurun Tinggi (SNMPTN) sekarang ada SNBP. Apakah itu SNBP ? Apada perbedaannya SNBP dengan SNMPTN ?

Awal tahun 2023 Kemdikbudristek ada tiga lajur masuk perguruan tinggi negeri. Tiga lajur itu ialah SNBP, Penyeleksian Nasional Berdasar Test (SNBT), dan penyeleksian lajur berdikari yang diadakan oleh masing-masing PTN.

SNBP ialah penyeleksian nasional untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang penilaiannya didasari atas prestasi. SNBP ialah alternatif SNMPTN. Pada lajur SNBP calon mahasiswa ditegaskan mempunyai kapabilitas yang holistik dan lintasi disipliner.

Walau sama sebagai penyeleksian yang didasari pada prestasi pelajar saat tempuh pengajaran di SMA/MA/SMK, ada ketidaksamaan di antara SNBP dengan SNMPTN.

Perbedaan SNBP dan SNMPTN
Perbedaan SNBP dan SNMPTN

Berbeda SNBP dan SNMPTN

1. Pelaksana

SNMPTN diadakan oleh Instansi Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPTN), dan SNBP diadakan oleh Balai Pengendalian Pengetesan Pengajaran (BPPP) di bawah Kemendikbudristek.

2. Mahasiwa Vokasi

SNMPTN cuma terima mahasiswa Sarjana dan Sarjana Aplikasi, dan SNBP selainnya terima mahasiswa Sarjana dan Sarjana Aplikasi meneraima mahasiswa vokasi (DIII).

3. Opsi Prodi

SNMPTN cuma memperkenankan pelajar untuk pilih program study (prodi) atau jalur sesuai jalur saat di SMA, dan SNBP memperkenankan lintasi jalur . Maka pelajar dengan jalur IPS di SMA bisa ambil jalur IPA di PTN atau kebalikannya.

4. Mekanisme Penyeleksian

Elemen penilaian SNMPTN cuma berdasar prestasi akademis dan SNBP berdasar prestasi akademis dan prestasi nonakademik.

5. Nilai Mata Pelajaran

Penilaian SNMPTN memakai mata pelajaran tertentu yang terkait dengan program study (prodi) atau jalur yang hendak diambil, dan SNBP menimbang nilai pelajaran keseluruhannya.

SNBP mulai diterapkan dalam akseptasi mahasiswa baru tahun 2023. Cuma pelajar yang dipastikan eligible memiliki hak mendaftarkan SNBP 2023.