Penjelasan Troubleshooting Komputer dan Solusi

13

redaksipil – Penjelasan Troubleshooting Komputer, Di dunia PC, ada istilahnya troubleshooting saat Komputer diterpa permasalahan. Seperti PC tidak ingin berpijar, kerap BSOD, atau beberapa masalah detil yang lain.

Sebetulnya banyak langkah yang dapat kalian kerjakan bila secara mendadak computer alami masalah. Saat sebelum kita awali mengulas troubleshooting yang umum terjadi pada computer.

Troubleshooting Computer?

Kemungkinan banyak yang masih belum memahami pemahaman troubleshooting computer itu seperti apakah. Troubleshooting computer ialah sebuah sistem struktural untuk cari sebuah permasalahan berkaitan computer dan merusakkannya . Maka dapat disebutkan troubleshooting ialah segalanya berkaitan perpecahan permasalahan.

Adapun beragam permasalahan pada PC yang biasa diketemukan dapat dilaksanakan secara berdikari tanpa lewat pakarnya. Berikut ada cara-cara troubleshooting computer dan jalan keluarnya yang kemungkinan dapat kalian kerjakan jika temukan penyakit sama.

PC Tidak Bisa Diikuti

Penjelasan Troubleshooting Komputer
Penjelasan Troubleshooting Komputer

Troubleshooting yang umum terjadi pada computer setelah dibuat ialah PC tidak dapat boot dan LED pada mobo berpijar. Bila kalian temukan keadaan semacam ini pada PC, umumnya jalan keluarnya lumayan gampang dilaksanakan. Lampu LED pada motherboard atau yang umum disebutkan dengan debug LED sebuah pertanda ada yang tidak kelar pada elemen tertentu di PC kalian.

Umumnya ada 4 LED pada motherboard dan diikuti dengan cap berlainan juga. Ke-4 lampu itu umumnya tertulis CPU, DRAM, GPU, dan Boot. Semua punyai pemicu tertentu.

1. Lampu CPU Berpijar

Jika lampu CPU berpijar terus-terusan, bermakna ada yang tidak kelar dengan processor kalian. Entahlah tidak teridentifikasi oleh motherboard, atau pin power CPU tidak dipasang dengan prima. Permasalahan yang lain bisa jadi berada pada pin processor dan soket motherboard yang bengkok.

2. Lampu DRAM Berpijar

Bila lampu DRAM yang berpijar, pertanda RAM tidak bisa dibaca secara baik dan yakinkan soket RAM tidak terhambat oleh benda asing. Jalan keluar umum ialah mengambil RAM dan memasangkannya kembali atau saat sebelum terpasang kembali, membersihkan kuningan pada RAM dengan penghapus. Langkah ini dapat kalian pakai bila RAM anda pada kondisi kotor.

3. Lampu GPU Berpijar

Lampu GPU sama sesuai namanya bermakna ada yang tidak kelar pada kartu VGA kalian. Entahlah itu tidak dipasang secara baik karena terbuncang, atau mungkin saja karena kabel power VGA tidak dipasang sampai mentok. Langkah menyiasatinya juga sama, tinggal cabut dan coba pasang lagi dan umumnya permasalahan akan usai sendirinya.

4. Lampu Boot Berpijar

Lampu paling akhir yang memiliki label Boot mengisyaratkan penyimpanan tempat kalian simpan OS atau Operating Sistem. Bila lampu ini berpijar, bermakna Harddisk atau SSD tidak teridentifikasi oleh motherboard. Silahkan coba periksa adakah kabel yang tidak dipasang secara benar atau mungkin tidak contact secara cocok jika menggunakan SSD NVMe.

5. Lampu LED Tidak Berpijar Tetapi Tidak Dapat Masuk Boot

Tetapi bila antara semua lampu di atas tidak ada yang berpijar, permasalahannya kemungkinan berada di power suplai. Seperti umumnya, check dahulu kabel 24 pin ke motherboard dan kabel-kabel yang lain yang kemungkinan belum terhubung.

Wi-Fi Tidak Connect

Penjelasan Troubleshooting Komputer
Penjelasan Troubleshooting Komputer

Mengulas apakah yang dimaksud dengan troubleshooting jaringan computer ini makin dibutuhkan karena dunia mulai tergantung pada tehnologi internet. Hingga banyak troubleshooting jaringan computer klien server dibutuhkan ingat sebaik apapun itu sebuah mekanisme pasti ada periode di mana dia berulah.

Permasalahan umum yang umum ditemui oleh pemakai Windows ialah Wi-Fi yang tidak ingin konek. Entahlah karena persoalan IP yang tidak ditata secara baik, atau kerusakan yang lain yang memiliki sifat hardware. Saat sebelum mengawali troubleshooting computer, betapa baik lakukan pengujian lebih dulu pada modem atau router buat pastikan persoalan itu tidak dari piranti jaringan.

Apabila sudah, dan memang persoalan tiba dari computer, berikut ada cara-cara yang wajar dilaksanakan untuk membenahi permasalahan Wi-Fi tidak dapat connect.

1. Nyalakan Airplane Model

Troubleshooting computer yang pertama dapat dilaksanakan ialah hidupkan airplane model atau model pesawat pada computer kalian. Ini mempunyai tujuan untuk putuskan semua jaringan jaringan dan me-refresh ulangi jaringan ditakuti ada masalah seperti interference atau hanya masalah error tidak nyata karena kekeliruan software.

2. Check Jarak Akses Poin ke Receiver

Bila kalian menempatkan PC atau netbook di lokasi yang lumayan jauh dari router atau akses poin, ada peluang signal yang diamankan tidak kuat dan mengakibatkan Wi-Fi tidak optimal dalam tangkap koneksi internet. Anjuran yang dapat dilaksanakan ialah alihkan piranti ke lokasi yang lebih dekat atau pasang Wi-Fi extender supaya signal lebih gampang dicapai.

3. Keadaan Receiver yang Kurang Bagus

Kadang point troubleshooting computer yang ini kemungkinan terlewati oleh pemakai saat lakukan troubleshooting. Keadaan Wi-Fi receiver juga sangat penting dalam jamin koneksi internet dapat connect atau mungkin tidak. Yakinkan receiver apa lagi yang berwujud USB stick masih juga dalam kondisi bagus, bila tidak, kalian dapat menukarnya dengan merek yang dapat dipercaya supaya terbebas dari masalah Wi-Fi tidak ingin connect nantinya

4. Forget Network

Kadang lupakan jaringan menjadi jalan keluar hebat jika mendadak Wi-Fi tidak ingin connect. Dengan mengoneksikan ulangi kalian dapat mengawali dari fresh jaringan itu. Walaupun kedengar aneh, umumnya jalan keluar ini bisa mengobati permasalahan aneh pada Wi-Fi kalian.

Menangani BSoD

BSoD atau Blue Screen of Death ialah permasalahan yang kerap ditemui oleh pemakai PC. Sebetulnya pemicu masalah ini dapat berbagai macam. Umumnya pada monitor BSoD ada error kode yang dapat kalian mencari rekomendasi di internet untuk jalan keluarnya.

BSoD sendiri bermakna sebuah error terjadi pada Windows dan mengakibatkan mekanisme operasi itu stop bekerja. Pemicunya juga dapat berbagai macam. Berikut ada banyak troubleshooting computer yang kemungkinan dapat kalian kerjakan bila terjadi BSoD.

1. Check Driver Berkaitan

Bila pada monitor BSoD tampilkan driver ini itu alami error, yakinkan check driver itu apabila dapat selekasnya install ulangi driver supaya Blue Screen tidak ada kembali. Peluang driver itu corrupt atau alami bentrokan bila kalian belakangan ini memasangkan software yang dapat memacu error itu.

2. Kompatibilitas Hardware

Bila kalian barusan memasangkan sebuah piranti baru dan langsung terjadi Blue Screen. Kemungkinan pemicunya ialah berlangsungnya permasalahan kompabilitas pada hardware itu dengan satu hardware di PC atau netbook kalian. Hal yang paling biasa terjadi umumnya ialah saat kalian lakukan up-grade RAM. Bila ini terjadi, ingin bagaimana juga kalian harus memeriksa apa ke-2 hardware itu cocok keduanya.

3. Sistem Restore

Kadang dengan memasangkan software baru dapat mengakibatkan Windows alami error kronis karena beragam hal. Terlebih jika software itu mengganti registry pada Windows dan mengakibatkan BSoD terus-terusan. Anjuran yang umum kerap diambil oleh beberapa pakar ialah saat sebelum memasangkan software apapun itu, kerjakan tambahan restore poin lebih dulu . Maka saat terjadi hal yang tidak diharapkan semacam ini, PC bisa dibalikkan ke keadaan sebelumnya dengan sistem restore ke waktu saat sebelum software terpasang.

4. Scan Malware

Bila kalian ceroboh dan memasangkan software dari situs tidak terang lewat internet, ada peluang software itu berisi malware yang bisa menghancurkan computer kalian. Salah satunya tanda-tanda yang muncul ialah BSoD apabila betul karena malware, jalan keluarnya dengan lakukan scan pada antivirus atau anti-malware. Apabila sudah kronis, harus kalian harus install ulangi.

PC atau Netbook Lelet

Penjelasan Troubleshooting Komputer
Penjelasan Troubleshooting Komputer

Salah satunya permasalahan yang wajar terjadi ialah PC atau netbook lemot. Dimulai dari buka program berasa lelet, sampai pemakaian setiap hari berasa berat. Ada banyak jalan keluar yang dapat diaplikasikan.

1. Matikan Program yang Jalan Saat Startup

Terkadang memasangkan kebanyakan program sekalian dan biarkan dia berjalan pada latar belakang dapat membuat computer berasa lemot. Khususnya saat pertama kalinya booting dan waktu masuk ke Windows sangat terasa lama, bisa jadi software startup kebanyakan jalan.

Jalan keluarnya ialah matikan beberapa process yang berjalan pada startup lewat task manajer di bagian tab startup. Lantas test kembali dengan merestart PC. Kemungkinan PC tidak berasa lemot karena semua program yang punyai impact besar pada PC tak lagi jalan sampai kalian membuka lewat cara manual.

2. Re-start PC

Kadang PC dapat berasa lelet karena telah kelamaan hidup dan perlu di-restart kadang-kadang. Ini sebetulnya mempunyai tujuan untuk me-refresh kembali Windows pada keadaan maksimal saat awalnya banyak glitch atau error kecil yang terakumulasi di latar belakang.

Yakinkan kalian menekan re-start dan bukan shutdown lalu menghidupkan kembali. Hal ni karena saat PC di shutdown, Windows tidak langsung lakukan refresh pada mekanismenya dan masuk ke model semi hibernate. Model ini tidak tutup semua program yang berjalan pada latar belakang. Hingga semua error kecil itu tidak direset oleh Windows dan demikian kalian buka PC, error itu masih tetap ada dan kalian masih tetap rasakan computer berasa lelet.

3. Dampak Malware

Dampak malware rupanya lumayan besar saat membuat PC kalian berasa lelet. Yang parahnya ialah kalian bahkan juga tidak mengetahui telah tertular oleh malware jika tidak memakai anti malware yang kuat atau kerap mematikan software itu untuk memasangkan program dari situs tidak terang.

Jalan keluarnya lumayan mudah, tinggal pasang saja antivirus atau malware yang kuat dan scan secara periodik. Dengan demikian, PC kalian akan terbebas dari lelet ataupun lebih parahnya kehilangan data yang disebabkan karena program jahat semacam itu.

4. Matikan Dampak Visual pada Computer

Memang Windows saat ini punyai design yang menawan dan elok supaya pemakai tidak berasa jemu. Tetapi, dampak visual ini rupanya dapat punya pengaruh pada perform computer kalian. Triknya dengan masuk ke Kontrol Panel, lalu tentukan Sistem and Security, tentukan Sistem, selanjutnya Advanced Sistem Seting, lalu pada tab performnce kalian dapat matikan dampak visual yang kiranya tidak diperlukan.Sesudahnya kalian dapat Re-start computer untuk mengimplementasikan penataan yang telah diganti.

5. Penyimpanan Drive C yang Nyaris Penuh

Keadaan penyimpanan pada drive C rupanya punyai peranan pada kemulusan pemakaian PC. Drive yang terlampau penuh dapat mengakibatkan computer kalian jadi lemot dan tidak responsive. Anjuran yang dapat diambil jelas sudah ialah hapus beberapa software yang tidak dipakai. Untuk file individual seperti gambar, video, atau document. Dianjurkan tidak untuk diletak di drive C untuk meminimalkan penyimpanan penuh karena file itu.

Kekuatan bahasa ChatGPT semakin berkembang dan diharap terus bertambah dalam kekuatan bahasa yang bertambah luas di masa datang.