PBB Berikan Usulan Damai Kepada Negara China-AS

6

redaksipilPBB berikan usulan dan menegaskan bahwa hal yang sedang berlangsung kepada China dan Amerika harus segera diselesaikan, tidak mau menyaksikan kemelut yang bertambah di antara China dan Amerika Serikat (AS). Keadaan ke-2 negara makin menghangat sesudah sangkaan balon China teridentifikasi di daerah udara AS.

“Kami sedih setiap ada kemelut yang bertambah di antara China dan AS dan ini ialah topik yang kerap ditunjuk Sekretaris Jenderal dalam beragam pidatonya,” kata jubir PBB Stephane Dujarric diambil dari Anadolu Agen.

“Pada kejadian khusus ini, terang ke-2 nya harus menanganinya. Tetapi ingat status kepimpinan global ke-2 negara, saya berpikir ialah kewajiban mereka untuk lakukan apa saja yang mereka dapat untuk turunkan kemelut,” katanya.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken sudah tunda lawatan ke China sesudah bentrokan balon mata-mata itu. China mendakwa AS memakai kemampuan tanpa pandang bulu-bulu saat militernya tembak jatuh balon mata-mata China pada Sabtu (4/2/2023).

AS tembak jatuh sebuah balon di laut lepas Carolina sesudah melewati situs militer yang peka di semua Amerika Utara. China bersikukuh jika kejadian itu ialah kecelakaan yang mengikutsertakan pesawat sipil.

PBB Berikan Usulan
PBB Berikan Usulan

Wakil Menteri Luar Negeri Cina Xie Feng menjelaskan, ajukan aduan sah ke Kedutaan Besar AS pada Ahad (5/2/2023). “AS gempuran pada kapal udara tidak berawak sipil Tiongkok dengan kemampuan militer,” katanya pada Senin (6/2/2023).

Dengan perlakuan yang sudah dilaksanakan Amerika Serikat, faksi China minta langsung ke Amerika dengan mempertanggung jawabkan tindakannya mereka itu dan menuntaskan permasalahan ini secepat-cepatnya karena tidak mau terjadi beberapa hal yang tidak diharapkan selanjutnya “tegas China.

Faksi China sudah minta kepastian ke Duta Besar Amerika Serikat untuk menyikapi hal itu tetapi hingga kini faksi Amerika Serikat belum jugak memberi opini mereka pada pihak China. Dengan cepat PBB langsung menyikapi hal itu dan jugak ikut dalam memberi saran kenyamanan ingat keadaan di tiap Negara masih juga dalam keadaan yang belum konstan.

Oleh karena itu PBB minta secepat-cepatnya ke kedua pihak untuk menuntaskan permasalahan ini dengan mata terbuka, janganlah sampai membuat kondisi makin darurat ingat apa yang terjadi di Negara China dan Amerika Serikat.