Pandawara Group, Pemuda Asal Bandung yang Peduli Lingkungan

84
pandawa-group
pandawa group

redaksipil – Pandawara group terbagi dalam 5 orang yang dengan anggota Gilang, Agung Rifqi, Rafly, dan Ikhsan. Mereka ialah 5 kawanan yang punyai aktivitas positif untuk bersihkan sampah dan telah berjalan sepanjang enam bulan. Bermula dari kegelisahan yang tidak kuat menyaksikan timbunan sampah di sungai dan biasanya terjadi banjir membuat aktivitas pembersihan sungai ini ada. Mereka lakukan tindakan pembersihan sungai dengan perlengkapan seadanya. Dari hasil aktivitas ini diabadikan dan dibagi ke media sosial seperti Tiktok dan Instagram.

aksi-pandawara-dengan-membuat-konten
aksi-pandawara-dengan-membuat-konten

Walau kelihatan “fun”, tapi mereka menceritakan bila bersihkan sungai bukan kasus yang gampang. Jatuh, terserang beling, digigit lintah, dan berbau sampah jadi rintangan yang perlu ditemui dan jadi sukai duka 5 kawanan dalam bersihkan sungai dari sampah. Tindakan mereka ini sebagai contoh yang bagus untuk angkatan muda untuk jaga kebersihan lingkungan. Tindakan mulia mereka ini lebih banyak memetik sanjungan positif dari netizen, walau cukup banyak yang menunjuk jika aktivitas itu cuma untuk content dan trending semata-mata. Tetapi mereka masih tetap stabil lakukan tindakan berbersih sungai. Terdaftar sekitar 78 sungai (sungai besar, sungai kecil, septic tank) yang berada di Bandung sudah mereka membersihkan. Ini dijumpai dari upload di instagram @pandawaragroup sebagai laporan tahun akhir 2022 dari pandawara grup. Selama ini mereka telah sukses kumpulkan sampah sekitar 27.066 kg dalam 4.511 kantong sampah.

“Di sungai itu hanya ada ikan, batu, tumbuhan, bukan sampah” caption yang tercatat di salah satunya posting account instagram pandawara grup ini, terang menyinggung warga agar semakin jaga lingkungan. Dari laporan yang dibikin oleh mereka di account tiktok dan instagram pandawa grup, bisa dijumpai jumlahnya sampah yang dibuang asal-asalan oleh warga ke saluran sugai. Jadi tidak bingung bila musim penghujan datang, sungai akan melimpah dan mengakibatkan banjir karena saluran sungai terhalang oleh timbunan sampah.

Pandawa Grup mengatakan ajakan untuk memulai tindakan simpel dengan buang sampah pada tempatnya diawali dari diri kita. Mereka mengumandangkan #onedayonetrashbag untuk ajak warga kumpulkan satu kantong sampah tiap hari. Pandawa grup memperoleh penghargaan “TikTok Local Heroes 2022” dalam Year on TikTok 2022. Lima sekawanan ini pantas dihargai.

Sesudah memperoleh penghargaan, mereka mengharap pandawa grup masih tetap stabil melakukan tindakan mereka dan secepat-cepatnya tidak ada dokumentasi mengenai tindakan mereka kumpulkan sampah di sungai. Dalam pengertian, sungai-sungai bersih dari sampah, tindakan ini bukan hanya jadi trend di media sosial yang hendak sirna seiring berjalannya waktu. Tetapi dijadikan rutinitas baru untuk dapat perduli di lingkungan.