Isu ! NVIDIA GeForce MX Berhenti Produksi

12

redaksipil – NVIDIA GeForce MX – Bukan rahasia bila perform GPU integrated pada APU AMD dan Intel cukup baik akhir-akhir ini. Seperti Intel Irislah dan AMD RDNA2 mobile yang datang di Ryzen 6000 seri APU.

GPU kelas entry semacam itu cukup oke untuk lakukan task enteng sampai yang media sekalinya. Kehadiran NVIDIA GeForce MX seri di sejumlah tahun kemarin memang punyai tempat sendiri ingat kartu grafis integrated disaat itu belum se-powerful sekarang ini.

 

Isu NVIDIA Merencanakan Matikan Seri Entry GeForce MX

NVIDIA GeForce MX
NVIDIA GeForce MX

Dikutip dari situs videocardz yang ambil dari portal Cina ITHome, team hijau kemungkinan merencanakan matikan seri GeForce MX yang telah datang sekian tahun di netbook ultra-low power beberapa supplier terkenal.

Seri GeForce MX sendiri memanglah tidak demikian memiliki tenaga ingat TDP yang diberi benar-benar rendah untuk jaga panas yang dibuat. Kekurangan seri MX banyak juga dikontribusi oleh memori bis yang cuma sejumlah 64bit.

Jarak Perform iGPU dan NVIDIA GeForce MX seri Semakin Jauh

NVIDIA GeForce MX
NVIDIA GeForce MX

Sebagai contoh MX570 cuma nyaris sama dengan GTX 1650 mobile, atau RX 6300M di mana ke-2 GPU itu tidak demikian kuat. Ditambah lagi seri Phoenix APU dari AMD yakni Radeon 780M diberitakan dapat menandingi perform MX 570. Makin memperjauh jarak perform iGPU dengan dedicated mobile ultra-low power GPU.

NVIDIA GeForce MX
NVIDIA GeForce MX

Ditambahkan lagi team hijau memang merencanakan keluarkan seri RTX 4050 yang memakai kartu grafis AD-106, kartu grafis yang serupa dengan RTX 4070 Mobile. RTX 4050 sendiri jalan pada TDP 35W yang membuat NVIDIA susah untuk masukkan seri dibawahnya berperforma yang tidak kalah dari pesaing.

Maka bila NVIDIA betul akan memilih untuk tinggalkan seri GPU ini bukan hal yang aneh juga. Persaingan GPU integrated mobile cukup ketat saat ini ditambah dengan Intel Arc ikut juga bermain jadikan pertarungan ini makin garang. Apa lagi baik dari AMD atau Intel telah dukungan untuk video codecs terkini jadi mereka juga tak lagi kalah secara feature.