Pengemudi Mobil Audi A8 Menyerahkan Diri

4

redaksipil – Mobil Audi A8 Sugeng Guruh Gautama Legiman (40) pada akhirnya menyerah diri ke Polres Cianjur, Jawa Barat selesai diputuskan terdakwa kecelakaan maut yang mengakibatkan meninggalnya seorang mahasiswi, Selvi Amalaia Nuraeni di Cianjur.

“Iya telah di Polres, dan sedang diminta info,” tutur Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan saat dikontak reporter, Minggu 29 Januari 2023.

Doni menjelaskan jika kehadiran sopir Audi A8 itu untuk penuhi panggilan penyidik buat pengecekan sebagai terdakwa. Adapun, masalah penahanan Sugeng, kata Doni, masih menanti keputusan penyidik.

“Masih tetap terdakwa (pengecekan). Kelak (penahanan) menanti hasil pengecekan dan pemikiran penyidik,” sebut ia.

Doni menambah, Sugeng mempunyai potensi ditahan oleh faksinya. Karena pasal yang ditersangkakan hukumannya di atas 5 tahun penjara. Yaitu Pasal 310 ayat (4) Jo Pasal 312 UU RI No. 22 Tahun 2009 mengenai jalan raya dan angkutan jalan. Dengan Teror hukumannya sampai enam tahun penjara.

Awalnya, Kepala Sektor Jalinan Warga (Kabid Humas) Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo menjelaskan faksinya memasukkan sopir mobil Audi A8 ke Daftar Penelusuran Orang (DPO). Sopir itu menubruk seorang mahasiswi di alan Raya Bandung-Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Mobil Audi A8
Mobil Audi A8

Sopir itu namanya Sugeng Guruh Gautama Legiman (40), ia dipastikan masuk ke DPO polisi karena usaha mengaburkan bukti dan ada usaha larikan diri.

“Betul ada usaha untuk mengaburkan bukti dan larikan diri,” tutur Ibrahim Tompo saat diverifikasi.

Kasus ini berawal saat tersebar video di sosial media seorang mahasiswi namanya Selvi Amalia Nuraeni meninggal selesai tertabrak diperhitungkan kelompok polisi di Cianjur, Jawa Barat. Dalam soal itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga ikut mengambil pindah hal peristiwa itu.

Sigit juga memberi respon upload yang tersebar di sosial media berkaitan meninggalnya Selvi selesai meninggal tertabrak diperhitungkan kelompok polisi.

“Terima kasih infonya. Saya check selekasnya ya,” diambil lewat posting Sigit di account twitternya, Rabu Januari 2023.

Adapun info meninggalnya Selvi itu pertama kalinya diupload oleh salah satunya account instagram @yudi_junaidi. Seterusnya, Selvi meninggal dijumpai pada Jumat kira-kira jam 15.45 WIB karena tertabrak di jalan raya Bandung. Walau begitu, Yudi mengatakan aktor yang menubruk itu diperhitungkan ajudan petinggi kelompok kepolisian itu tak pernah disingkap.

“Justru berkesan aparatur hukum lokal menutupinya. Ini tidak sesuai program dan jargon PRESISI yang digariskan oleh Bapak Kapolri,” katanya.