Merokok Di Mobil Saat Berkendara, Bakal Kena Denda 750 Ribu

15
merokok di mobil
merokok di mobil

redaksipil – Ketentuan jalan raya yang larang merokok saat berkendara telah lama dikeluarkan. tetapi kelihatannya banyak sopir yang tidak ketahui ini dan masih merokok di mobil.

Pelanggaran beberapa pengendara juga terekam melalui upload account @tmcpoldametrojaya. Pada salah satunya video yang diupload, kelihatan polisi menyapa salah satunya pengendara motor di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur.

“Mas, rokoknya dapat dimatiin dahulu tidak? Kasihan yang ada di belakang terkena abunya itu. Memang bisa merokok sekalian berkendaraan?” kata petugas dalam video itu, diambil Jumat (13/1).

Sesudah rokok dipadamkan, polisi minta pengendara buang puntung rokoknya. Tidak cuma kendaraan beroda 2, sopir mobil perokok mendapatkan peringatan sama. Dalam video lain, seorang sopir mobil kelihatan sedang merokok dan buka jendela mobilnya.

Polisi langsung menyapa sopir dan meminta buang rokok.

merokok di mobil
merokok di mobil

Netizen Tidak Sepakat dengan Perlakuan Itu

Menyikapi dua video itu, warganet mengatakan sepakat dengan perlakuan polisi. Menurutnya, pengendara perokok di jalan mengusik pengendara lain.

“Maaf sekali tp saya harus ngomong jika saya tidak suka sekali yang ini, ngerokok di jalanan, bahayain pengendara lain, buat mata perih pedes, abu nya kemana2 dan jadi mencelakakan diri kita atau pengendara lain. Seringkali ditindak tegas yang ini ya pak. Terima kasih,” catat salah satunya pengendara di account komentar upload itu.

Ada Ketentuan Larangan Merokok Untuk Pengendara

Merokok sekalian berkendara benar-benar sangat beresiko. Selainnya mencelakakan seseorang karena bara yang berkenaan muka, merokok bikin rugi diri kita karena mengusik fokus.

Misalkan, saat kamu harus cari korek api untuk menghidupkan rokok, asapnya mengepul di muka. Larangan merokok saat berkendara ditata dalam ketentuan pemerintahan.

merokok di mobil
merokok di mobil

Persisnya, pada ketentuan menteri perhubungan (Permenhub) nomor 12 tahun 2019 yang tuliskan jika menyetir sepeda motor dilarang sekalian merokok.

Pada pasal 6 huruf c, ditulis secara detil larangan merokok untuk pengendara motor. Pasal itu bunyinya, “Sopir dilarang merokok dan beraktivitas yang lain mengusik fokus saat sedang memakai sepeda motor”.

Denda 750 Ribu

Bukan hanya motor, merokok untuk pengendara kendaraan yang lain juga sudah dilarang dalam Undang-undang Lalu Lintasi dan Angkutan Jalan (LLAJ) Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 106 Ayat 1. Pada undang-undang itu, tercatat jika, “Tiap orang yang menyetir kendaraan motor di Jalan harus menyetir kendaraannya dengan lumrah dan penuh fokus”.

Merokok juga bisa digolongkan sebagai suatu hal yang sanggup mengusik fokus.

Adapun yang diartikan dengan kendaraan motor ialah semua kendaraan yang memiliki roda.

Karenanya, ketentuan itu berlaku untuk beberapa pengendara motor, mobil, bis, sampai truk. Untuk pengendara yang menyalahi, teror yang menanti ialah pidana sampai 3 bulan dan denda sampai Rp 750.000.