Mengenal Sejarah Game Dulu Open World Fantasi

13

redaksipil – Mengenal Sejarah Game Dulu Open World Fantasi bisa menggambarkan bagaimana sebuah games open world dicicipi. Banyak gamer yang menyenangi jenis games semacam ini inginkan sebuah dunia seperti real world yang tanpa boundary. Player juga dapat dengan bebas berpetualang kemana sajakah sepanjang mata melihat, tempat itu dapat didatangi.

Type games ini telah lama datang dan jadi terkenal beberapa tahun terakhir karena tehnologi video games console dan PC yang oke untuk mengusungnya. Nach, artikel ini kali penulis akan memperkenalkan kalian riwayat perubahan games open world dimulai dari games pertama kalinya sampai ke perubahannya di jaman kekinian. Silahkan kita awali saja ceritanya.Mari Mengenal Sejarah Game

Mengenal Sejarah Game Open World Fantasi

Mengenal Sejarah Game
Mengenal Sejarah Game

Menarik garis games open world pertama itu tidak semudah yang penulis pikir. Pasti games pertama kali yang dapat dikatakan sebagai games open world itu berbeda menurut setiap orang. Kemungkinan perlu kita cari info lebih dulu tujuan games ‘open world’ itu seperti apakah kriterianya baru dapat kita memutuskan games apa yang masuk kelompok ini.

Asal Saran Jenis Open World

Mengenal Sejarah Game
Mengenal Sejarah Game

Menurut Wikipedia sendiri, games open world ialah sebuah games virtual di mana player dikasih kebebasan untuk tentukan objecttifnya sendiri dan tidak tergantung pada gameplay atau susunan permainan linear.

Keterangan itu sepintas berkesan seperti games open world yang umum kita mengenal . Maka berdasar pemahaman itu, karena itu games seperti Adventure (1979) yang disebut games berbasiskan text, secara teknisnya masih masuk ke tipe games openworld. Tetapi pasti kita tidak ingin langsung menarik ringkasan dari 1 contoh saja, kan?

Jika ingin memakai contoh yang minimal bisa dimengerti oleh gamer saat ini, judul yang terbesit di pemikiran ialah Ultima III: Exodus (1983) atau The Legend of Zelda (1986). Tentu saja judul seperti Zelda ini telah akrab untuk gamer saat ini karena judul Breath of the Wild dan sekuelnya Tears of the Kingdom yang hendak datang dalam kurun waktu dekat.

Berpindah ke games yang lebih baru ada Hunter (1991) di mana player diberi kebebasan menelusuri di dunia 3D sandbox. Lantas ada pula Super Mario 64 (1996), saat konsol telah lebih powerful untuk mengusung grafis 3D, perubahan games tipe ini makin berarti dan developer mulai berani melakukan eksperimen.

Sebetulnya masih banyak judul games hasil uji-coba. Banyak yang sukses tetapi cukup banyak yang tidak berhasil. Hinggalah pada tahun 90an perubahan konsol games telah makin cepat dan pada akhirnya zaman games open world sejati baru betul-betul diawali.

Jadi dapat kita sepakati games open world itu tidak betul-betul dapat dicari titik awalannya. Tetapi judul yang paling dapat disebutkan perintis pertama kemungkinan ialah Jet Rocket (1970) sebuah games arcade flight simulator bikinan SEGA.

Games Open World di PS1

Mengenal Sejarah Game
Mengenal Sejarah Game

Zaman PlayStation 1 punyai beberapa judul games bertopik openworld. Judul games seperti Driver (1999) dan SaGa Frontier 2 (2000) terkenal dimasanya. Games seperti Mizzurna Falls (1998) adalah games di PS1 yang memakai ide open world. Games ini tak pernah dengan cara resmi mendatangkan versus bahasa Inggris dan cuma ada translasi oleh penggemar.

Dan SaGa Frontier 2 ialah judul games yang dapat disebutkan dekati games openworld yang kita mengenal seperti sekarang ini. Gameplay yang tidak linear jadikan pengalaman bermain yang unik pada periodenya.

Riwayat Perubahan Games Open World di Zaman GTA III

Seperti yang diulas di atas, tahun 90an ialah saat-saat games tipe ini tengah cari jati diri. Lahirnya games seperti Shenmue (1999) dan The legend of Zelda: Ocarina of Time (1998).

Tetapi ketenaran games open world baru berasa saat rilisnya games garapan DMA Desain atau yang umum kita mengenal dengan Rockstar North yakni Grand Theft Auto III. Grafis juga berbeda keseluruhan dari seri awalnya yang berwujud top-down jadi 3D seperti Grand Theft Auto yang kita mengenal sekarang ini.

Grand Theft Auto III betul-betul memutuskan standard untuk games true open world sama seperti yang kita mengenal. Eksploitasi secara 3D, bebas lakukan apa, dan dunia yang betul-betul luas . Maka dapat disebutkan games ini membawa pengembangan yang selanjutnya diikuti oleh games semacam sesudahnya.

Riwayat Video Games Open World MMORPG

Mengenal Sejarah Game
Mengenal Sejarah Game

Mengembangnya tehnologi internet bersamaan dengan makin terdapatnya computer rumahan ikut mengangkat karisma games semacam ini. Tehnologi baru itu memungkinkannya banyak player dapat bermain pada sebuah dunia secara bertepatan. Istilahnya ialah MMO atau massive-multiplayer online.

Games MMO umumnya dipadankan dengan jenis RPG dan disuguhi dalam beragam jenis fiksi seperti fantasi dan sci-fi. Beberapa judul yang populer sebagai perintis seperti Meridian 59, Tibia, Nexus: the Kingdom of the Winds, dan World of Warcraft garapan Blizzard.

Di Indonesia sendiri kita mengenali games tipe ini dari sejak awalnya tahun 2000. Sebutlah saja Nexia, RAN, Cabal Online, Seal Online, Ragnarok Online, dan ada banyak kembali. Angkatan warnet pasti tidak asing dengan judul di atas.

Evolusi Games Open World sampai Saat ini

Mengenal Sejarah Game
Mengenal Sejarah Game

Ketertarikan games open world nampaknya semakin bertambah. Bahkan juga games di jaman now seperti punyai ketentuan tidak tercatat yang mewajibkan sebuah games yang ingin sukses sekurang-kurangnya punyai formulasi open world. Sebutlah saja Games of the Year tahun kemarin Elden Ring, Stray, God of War, Assassin’s Creed Valhalla, sampai games mobile seperti Genshin Impact semua sebagai games yang sukses dan punyai komponen yang serupa: open world.

Ke depan kemungkinan kita dapat menyaksikan lebih banyak games open world jadi hal yang harus ada pada tiap games bertaraf besar. Baik atau jelek? Tidak ada jawaban pas tetapi saat lagi gamenya dilakukan secara baik, pasti gamer akan senang-senang saja menerimanya.