Masjid Kota London Berikan Bantuan Kepada Turki

7

redaksipilMasjid Kota London sukses menggalang dana 60.000 poundsterling atau sama dengan Rp 1 miliar, Jumat (10/2/2023). Kontribusi ini diperuntukkan untuk menolong korban gempa di Türki dan Suriah.

Masjid London Timur, salah satunya yang paling besar di Inggris, menjelaskan faksinya bekerja bersama dengan Islamic Relief, Diyanet UK dan partner amal Inggris yang lain. Bersama, mereka bekerja dengan mengulurkan tangan, menolong korban yang terserang imbas gempa bumi.

“Penghimpunan dana dilaksanakan sesudah shalat Jumat bersama Islamic Relief, sesudah tiba permintaan bantuan dari Direktur Islamic Relief Inggris, Tufail Hussain,” sebut faksi Masjid diambil di Anadolu Agen, Sabtu (11/2/2023).

Masjid menyebutkan, Duta Besar Turki untuk Inggris Umit Yalcin, menyampaikan pesan support yang dibacakan di depan jemaah shalat sesudah penerapan sholat Jumat.

Masjid Kota London
Masjid Kota London

“Saya terjamah oleh belas kasih saudara dan saudari kita di Inggris, khususnya dari Masjid London Timur, atas penghimpunan dana untuk menolong korban gempa bumi belakangan ini,” kata dubes.

Tidak itu saja, Mushola London Timur menjelaskan mereka terus akan menggalang dana untuk beberapa korban dalam beberapa minggu kedepan. Ini untuk pastikan kontribusi penting bisa mencapai penyintas yang memerlukannya.

Selama ini disampaikan lebih dari 20.200 orang meninggal dan lebih dari 80.000 cedera, sesudah dua gempa kuat mengguncangkan Türkiye selatan pada Senin (6/2/2023).

Gempa memiliki kekuatan 7,7 dan 7,6 rasio Richter, terpusat di propinsi Kahramanmaras, berpengaruh pada sekitaran 13 juta orang di 10 propinsi Turki, terhitung Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye dan Sanliurfa.

Di negara tetangga Suriah, jumlah korban meninggal sudah bertambah di atas 3.300, dengan lebih dari 5.200 orang cedera.