Larang Barang Mentah Ekspor, jokowi Gak Takut

15

redaksipil – Larang Barang Mentah┬áPresiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan, Indonesia harus berani untuk menghentikan export barang mentah, buat memaksimalkan sumber daya alam. Walau dengan demikian, Indonesia harus dimusuhi banyak negara karena hilirisasi ini.

“Indonesia bisa menjadi bangsa yang lebih besar dan berlimpah, jika sumber daya alam di negara ini belum juga diatur dengan maksimal. Karena itu saya selalu tegaskan, setop export barang mentah. Alihkan jadi export barang jadi atau 1/2 selesai. Walau risikonya kita dimusuhi banyak negara lain,” kata Joko Widodo di Semarang, Minggu (26/2).

 Larang Barang Mentah
Larang Barang Mentah

Ia memberikan contoh saat Indonesia hentikan export Nikel pada 2020, keputusan itu digugat oleh Uni Eropa dan Indonesia kalah. “Kita jangan berserah dan kembali export bahan mentah, sampai kapan saja negara ini tidak bakal menjadi negara maju. Kita harus terus menantang. Kita sampaikan banding atas keputusan itu,” bebernya.

Walau demikian keputusan pemberhentian export bahan mentah bauksit terus akan diteruskan di bulan Juni tahun 2023. dengan bertahap, akan hentikan export bahan mentah timah, tembaga, emas dan yang lain.

“Kita pasti dimusuhi oleh beberapa negara yang tergantung bahan mentah dari kita. Apapun itu risikonya, pimpinan Indonesia selanjutnya harus berani dan masih tetap meneruskan hilirisasi ini,” katanya.

Ia beri pujian performa Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Di zaman Mendag Zulhas, perdagangan Indonesia alami surplus USD 54 miliar atau Rp831 triliun pada tahun 2022.

Cek berita menarik lainnya hanya di Redaksipil.com berbagai informasi terupdate dan terbaru dan viral telah kami rangkum untuk Anda.