Kunjungan Prabowo Subianto Dalam Rangka Politik

11

redaksipil – Kunjungan Prabowo Subianto lingkar paling dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersambung. Selesai berjumpa dengan Gibran Rakabuming Raka, Prabowo berjumpa dengan Bobby Nasution, menantu Jokowi sekalian Wali Kota Medan pada Kamis (26/1/2023) tempo hari malam. Kunjungan tersebut untuk terus memperkuat tali silaturahim antara keduanya.

Awalnya, Gibran mengaku ada perbincangan politik saat makan malam dengan Prabowo di Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung pada Selasa (24/1/2023). Bahkan juga Prabowo sempat membujuk Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi untuk jadi kader Gerindra. Baca jalur safari politik Prabowo ke keluarga Jokowi di bawah ini.

1. Prabowo Bantu Bobby Nasution di Pilgub 2024?

Kunjungan Prabowo Subianto
Kunjungan Prabowo Subianto

Dalam kehadirannya, Prabowo mengatakan Gerindra telah memberikan dukungan Bobby saat Pemilihan kepala daerah Kota Medan di tahun 2020 lalu. Dia mengatakan masih lumayan waktu untuk Bobby menunjukkan kekuatannya karena masih tetap ada satu tahun lebih kembali saat sebelum periode penyeleksian gubernur.

“Ya, apa harus eksplisit? Kita yang dahulu mengangkat beliau kan wali kota, iya kan?” kata Prabowo saat memberi info jurnalis selesai dijamu oleh Bobby pada Kamis (26/1/2023) malam.

“Saya anggap waktu masih lumayan ya untuk Pak Bobby publikasi maupun leadership-nya dan lain-lain,” ikat Prabowo.

Walaupun demikian, Prabowo menyebutkan Bobby mempunyai nilai yang lumayan baik saat memegang sebagai Wali Kota Medan. “Tetapi jika saya monitor lumayan ya lumayan baik,” katanya.

2. Prabowo Bantu Gibran Maju Pilgub 2024

Awalnya Prabowo berjumpa empat mata dengan Gibran Rakabuming di Loji Gandrung Solo pada Selasa (24/1/2023). Dia terus-terang memberikan dukungan putra pertama Presiden Jokowi ini maju dalam gelaran penyeleksian gubernur (pilgub) 2024.

“Beliau (Gibran) cocok kok, jika saya, saya saksikan. Saya bantu, saya anggap sejak dahulu saya bantu ya,” kata Prabowo saat itu.

Prabowo bahkan juga yakini Gibran punyai kesempatan untuk maju di pilgub, baik di Jawa tengah atau di DKI Jakarta. “Saya barusan ucapkan kekeduanya (DKI dan Jawa tengah) pas, kekeduanya beliau tentu sukses,” katanya.

Tetapi Prabowo menyebutkan kesempatan Gibran di Pilgub Jawa tengah belum pasti semakin besar dibanding bila ia maju di DKI Jakarta. Di lain sisi, Prabowo pun tidak menyangsikan kekuatan Gibran yang umurnya relatif masih terbilang muda.

3. Prabowo Bujuk Kaesang Jadi Kader Gerindra?

Prabowo akui berbahagia bila Kaesang Pangarep ingin jadi kader partai Gerindra. Ini dikatakan Prabowo pada kunjungannya ke Gibran saat memberi respon berita Kaesang tertarik masuk ke dunia politik.

“Saya belum dengar (berita Kaesang tertarik masuk ke politik). Tetapi saya benar-benar senang bila dapat mengkader. Saya belum bertemu beliau,” kata Prabowo.

Awalnya Gibran Rakabuming Raka benarkan bila si adik ada minat masuk ke dunia politik. Ini dikatakan langsung Kaesang saat makan bersama Jokowi.

“Tempo hari bersama bapak tidak ada perbincangan serius ke situ (pilgub), tetapi lebih ke pembangunan saja. Tetapi kemungkinan tempo hari yang kita bahas di meja makan justru Kaesang. Ia secara terbuka sampaikan ke saya dan bapak, ada minat ke politik,” tutur Gibran.

Gibran dan Presiden Jokowi terkejut dengan pengakuan Kaesang yang tertarik ke politik. Tetapi saat ditanyakan apa Kaesang akan terjun di dunia poplitik pada 2024 kedepan, Gibran tidak paham karena baru dengar permasalahan itu tempo hari.

“Saya yo terkejut tenan ora. Bapak yo terkejut. Tidak paham (maju politik tahun 2024). Saya kan baru dengar tempo hari,” tutur Gibran.