Kondisi Pilot Susi Air Masih Dalam Sandra KKB

17

redaksipil – Kondisi Pilot Susi Air yan disampaikan oleh Jubir Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom ungkap keadaan terkini dari pilot Susi Air asal Selandia Baru, Philip Mark Merthens. Dari beberapa foto yang diberi, kelihatan Philip pada keadaan baik.

Sebby membagi beberapa photo yang menunjukkan pasukan TPNPB-OPM Kodap III Ndugama pimpinan Egianus Kogoya ada dalam suatu bukit. Ada Philip turut berpose bersama pasukan TPNPB-OPM itu.

“Kami berikan jika, Panglima TNI ialah pendusta besar, karena TPNPB telah mengaku bertanggungjawab atas bakar pesawat dan tawanan pilot Susi Air yang berkewarganegaraan Selandia Baru,” kata Sebby saat mengirim photo, Selasa (14/2/2023).

Philip kelihatan tidak berseragam pilot. Dia terlihat kenakan kaus hitam bermotifkan bendera Papua merdeka yang dibalut dengan jaket jeans.

Anak buah Susi Pudjiastuti itu kelihatan kenakan celana pendek dan topi gunung. Kelihatannya dia diminta untuk berfoto yang serupa oleh pasukan TPNPB-OPM.

Seumpama gaya mengepalkan tangan seperti yang sudah dilakukan oleh pasukan Egianus Kogoya itu.

Kondisi Pilot Susi
Kondisi Pilot Susi

Awalnya, Philip bawa pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY dengan jalur Timika-Paro-Timika pada Selasa (7/2/2023). Dia bawa lima penumpang terhitung seorang bayi.

Awalnya, Philip bawa pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY dengan jalur Timika-Paro-Timika pada Selasa (7/2/2023). Dia bawa lima penumpang terhitung seorang bayi.

Tidak cuma dibakar, mereka melarikan Philip sebagai sandera politik.

Jubir TPNPB-OPM Sebby Sambom mengutarakan jika TPNPB-OPM akan menyelesaikan pilot jika perundingan dengan pemerintahan tidak berhasil dilaksanakan.

“Kami tidak pernah kasih terlepas pilot. (Pilot) saat ini masih hidup dan ia akan buat negosiasi dengan Jakarta, bila Jakarta kepala batu, karena itu pilot akan dilakukan,” jelasnya.