KKB Papua, Nyawa Pilot Tukar Kemerdekaan Papua

19

redaksipilKKB Papua kini sudah memberikan ketegasan kepada Indonesia dan akui tidak melepaskan pilot pesawat Susi Air yang ditawan semenjak seminggu kemarin. Mereka cuma ingin mengganti nyawa pilot asal Selandia Baru, Philip Mark Merthens dengan kemerdekaan Papua.

Itu diucap oleh salah satunya anggota TPNPB Kodap III Ndugama pimpinan Egianus Kogoya.

“Kami tangkap pilot cuma terlepas dengan Papua merdeka, jika tidak pilot sama mati di daerah Kodap III,” kata salah satunya anggota TPNPB-OPM pimpinan Egianus Kogoya lewat sebuah video yang diambil Suara.com, Selasa (14/2/2023).

Dia ingin jika semua negara buka mata dan menekan pemerintahan Indonesia mengaku kemerdekaan Papua. Dalam peluang yang serupa, anak buah Egianus Kogoya itu minta ke TNI dan Polri tidak untuk memburu pasukan TPNPB-OPM.

Mereka memberikan ancaman akan membunuh pilot seumpama ada penyelamatan yang sudah dilakukan TNI dan Polri.

“TNI Polri jangan membantai kami sampai, jika kejar kami, kami akan tembak pilot,” tegasnya.

KKB Papua
KKB Papua

Video yang lain dikirim oleh jubir TPNPB-OPM, Sebby Sambom menunjukkan saat mereka membakar pesawat Susi Air saat sebelum lakukan penyanderaan. Menurut salah satunya anggota TPNPB-OPM, mereka tidak cari logistik saat lakukan pembakaran pesawat dan menahan pilotnya.

Mereka cuma ingin Papua merdeka.

“Kami cuma ingin merdeka,” tutur salah satunya anggota TPNPB-OPM pimpinan Egianus Kogoya.

Nyawa Pilot Ditaruhkan

Jubir Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom mengirim beberapa video dan foto yang menunjukkan keadaan terkini dari pilot Susi Air asal Selandia Baru, Philip Mark Merthens. Seperti perkataan awalnya, dari photo kelihatan TPNPB-OPM memandang Philip sebagai rekan.

Sebby tidak menyebutkan kapan photo itu diambil. Namun, dari photo kelihatan Philip tidak kembali berseragam pilot.

Philip kelihatan kenakan kaus hitam tertulis Papua Merdeka dibarengi bendera bintang kejora yang dibalut dengan jaket jeans.

Lalu, Philip kenakan celana pendek dan topi gunung. Dugaan kuat jika baju itu diberi oleh TPNPB-OPM ke Philip sebagai korban tawanan semenjak seminggu kemarin.