Kenapa Air Laut Asin? Hayo

6
Kenapa Air Laut Asin
Kenapa Air Laut Asin

redaksipil – Sudah tahu jawaban Kenapa Air Laut Asin? Lautan menutupi hingga 70% permukaan planet, dan 97% air di planet ini adalah air asin. Mengapa itu terjadi?

Batuan di darat adalah tempat air laut mendapatkan rasa asinnya. Di bumi, dianggap mungkin untuk membubarkan dan menghilangkan garam dari lautan secara merata.

Menurut Museum Sejarah Alam, ini akan menghasilkan lapisan dengan kedalaman lebih dari 166 meter, atau sekitar 40 tingkat kantor.

Pencucian Mineral Terionisasi oleh Hujan

Hujan membawa ion mineral dari darat ke air, yang merupakan penyumbang utama salinitas laut dan garam di laut. Air hujan menjadi sedikit asam akibat asam karbonat di udara yang larut di dalamnya.

Batuan secara fisik terkikis oleh hujan, dan secara kimiawi dilarutkan oleh asam, yang menggabungkan garam dan mineral sebagai ion dalam keadaan terlarut. Ion dari limpasan mengalir melalui sungai dan akhirnya mencapai laut.

Kenapa Air Laut Asin
Kenapa Air Laut Asin

Makhluk laut menggunakan sejumlah besar ion terlarut, yang kemudian diambil dari air. Sementara yang lain dibiarkan tanpa pengawasan dan berada di satu tempat untuk waktu yang lama, mereka menjadi lebih fokus seiring berjalannya waktu.

Bahkan badan air yang jauh dapat menguap dan menjadi sangat asin, atau hipersalin. Sebagai gambaran, konsentrasi garam Laut Mati yang tinggi meningkatkan kerapatan air.

Karena itu, mengapung di Laut Mati lebih mudah dibandingkan di perairan lain.

Volcano Underwater Mengeluarkan Garam
Selain itu, garam dilepaskan ke laut melalui ventilasi hidrotermal di dasar samudra dan gunung berapi bawah laut.

Dua ion yang paling sering ditemukan dalam air laut, menurut situs Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), adalah natrium dan klorida. Lebih dari 90% ion terlarut dalam air asin disebabkan oleh keduanya.

Sekitar 3,5 persen dari berat air asin terdiri dari garam terlarut karena salinitas, atau konsentrasi garam, sekitar 35 bagian per seribu.

Garam natrium klorida memiliki berat sekitar 120 juta ton dalam satu mil kubik air laut. Hingga 25 pon emas dan 45 pon perak dapat ditemukan dalam satu mil kubik air laut. Asal tahu saja, satu mil kubik terdiri dari 1.101.117.147.000 galon air.