Kapolri Pastikan Asal Kebakaran Depo Pertamina

10

redaksipil – Kapolri Pastikan Asal Kebakaran Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengevaluasi lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jakarta Utara. Kapolri pastikan team interograsi kombinasi dari Polri dan faksi berkaitan terus mempelajari pemicu kebakaran.

“Kita dengan team Pak Kapolda, Kabareskrim Polri, dan team kombinasi interograsi ditemani kawan-kawan Pertamina lakukan pengujian awalnya di TKP,” kata Sigit dalam info yang diterima di Jakarta, Minggu (5/3/2023).

Dari laporan awalan yang diterima, kebakaran terjadi sekitaran jam 20.00 WIB. Sigit menerangkan jika sebelumnya di lokasi itu sedang dilaksanakan pengisian BBM tipe Pertamax yang dikirimkan dari Balongan.

Menurut info awalan yang diterima Kapolri, terjadi masalah tehnis saat pengisian yang menyebabkan berlangsungnya penekanan terlalu berlebih. Kemudian, terjadi kebakaran luar biasa itu.

Walau begitu, team interograsi akan terus melakuakn pengkajian berkenaan sumber api awalnya di lokasi peristiwa.

“Tentu saja untuk cari tahu sumber api darimanakah, ini sedang dilaksanakan pengkajian oleh team,” sambungnya.

Sigit mengatakan team interograsi kombinasi lakukan pengkajian dengan minta info saksi-saksi sampai mengecek CCTV.

Dengan dilakukan pengkajian secara mendalam, kata Sigit, team interograsi kombinasi akan lakukan proses pembuktian dengan “scientific crime investigation” (SCI).

“Sekarang ini, kita sedang mengumpulkan saksi, CCTV, selanjutnya beberapa hal yang kita butuhkan karakternya tehnis hingga kelak dapat kita terangkan dengan “scientific crime investigation’ mengenai kejadian yang sebetulnya. Terutamanya berkaitan sumber api yang menyebabkan berlangsungnya kebakaran,” sebut Sigit.