Kabar Terbaru Kondisi Turki-Suriah Usai Gempa

9

redaksipil – Kabar terbaru kondisi korban karena gempa di Turki dan Suriah kembali semakin bertambah pada Selasa, 7 Februari 2022, jadi 4.600 jiwa, sesudah beberapa ratus gedung di daerah tepian negara tersebut remuk karena gempa memiliki kekuatan 7,8 rasio richter (SR).

Dalam beberapa hari ini sudah tercatat lebih dari 4000 korban jiwa yang terkena gempa berkekuatan 8,7 rasio richet (SR), tim gabungan dalam pencarian korban jiwa masih terus melakukan upaya pencarian korban gempa yang tertimpa direruntuhan bangunan, dalam hal ini pemerintah setempat memberikan sinyal siaga 1 untuk seluruh masyarakat Turki dan Suriah.

Segala upaya telah dilakukan pihak Pemerintah Turki untuk mengantisipasi akan adanya gempa susulan lagi apa tidak, begitu juga dengan tim gabungan telah mempersiapkan segala sesuatu untuk terus melakukan pencarian koran.

Masyarakat Turki-Suriah diharapkan terus meningkatakan kewaspadaan akan gempa susulan lagi, dan mengikuti segala arahan Pemerintah agar terus bisa meminimalisir korban gempa.

Dampak gempa tersebut ternyata membuat sejumlah Negara lain ikut serta membantu dalam upaya pencarian korban dan memberikan bantuan kebutuhan pokok dan lain-lain, dengan mempunyai rasa persaudaraan yang tinggi dan menjunjung tinggi tali persaudaraan Agama Islam tentu sudah semestinya kita saling mengulurkan tangan kepada yang membutuhkan.

Kabar Terbaru Kondisi
Kabar Terbaru Kondisi

Beberapa negara di penjuru dunia mengirimi team untuk menolong usaha pengamanan, tapi usaha pengamanan mereka terhalang oleh temperatur yang paling dingin. Selama ini terjadi nyaris 200 gempa susulan, yang membuat penelusuran jadi tidak konstan.

Merilis dari AP, Selasa, 7 Februari 2023, Nurgul Atay, korban terimbas gempa menjelaskan jika ia bisa dengar suara ibunya di bawah beberapa puing bangunan yang roboh di kota Antakya, ibukota Propinsi Hatay.

Tetapi, usahanya dan team penyelamatan untuk masuk ke puing-puing itu percuma tanpa alat berat untuk menolong.

Di seberang Propinsi Hatay, pas di barat daya pusat gempa, beberapa petinggi menjelaskan sekitar 1.500 bangunan remuk dan beberapa orang memberikan laporan famili mereka terjebak di bawah puing-puing tanpa kontribusi atau team penyelamat tiba.

Awalnya diberitakan, Survey Geologi Amerika Serikat (USGS) menjelaskan gempa memiliki kekuatan magnitudo 7,8 mengguncangkan Turki pada Senin, 6 Februari 2022. Gempa terjadi pada jam 04:17 waktu di tempat, di kedalaman 17,9 km (11 mil) di dekat kota Gaziantep.