Jumlah Korban Gempa di Turki Terus Bertambah

13

redasipil – Jumlah korban Gempa di Turki sudah tembus lebih dari 500 orang. Dari keseluruhan korban itu, lebih dari 200 salah satunya ada di Suriah. Karena gempa ikut mengguncangkan negara yang telah alami kritis kemanusiaan karena perang sipil sepanjang sekitaran 12 tahun itu.

Disampaikan CNN, menurut Wakil Presiden Turki Fuat Oktay, selama ini gempa bermagnitudo 7,8 yang mengguncangkan negaranya pada Senin (6/2/2023) pagi sekitaran jam 04:00 waktu di tempat, sudah mengakibatkan 284 orang meninggal. Sementara jumlah korban cedera melebihi 2.300 orang.

Dalam pada itu, laporan media Pemerintahan Suriah, Syrian Arab News Agen (SANA) mengutarakan, jumlah korban meninggal di negaranya karena gempa yang terpusat di Nurdagi, Propinsi Gaziantep, Turki, sudah capai 237 jiwa. Sementara korban cedera lebih dari 630 orang. Daerah Suriah yang terimbas gempa diantaranya Damaskus, Hama, Idlib, dan Aleppo. Beberapa bangunan roboh di daerah-daerah itu.

Jumlah korban meninggal dan cedera diprediksi akan semakin bertambah. Karena sekarang ini operasi penelusuran korban yang tertimbun puing-puing saat ini masih berjalan.

Jumlah Korban Gempa
Jumlah Korban Gempa

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menjelaskan, team penyelamatan dan penyelamat sudah dikeluarkan ke beberapa lokasi terimbas gempa di negaranya. “Kita mengharap bisa melalui musibah ini bersama secepat-cepatnya dan dengan kerusakan yang sedikitnya,” catat Erdogan di account Twitter pribadinya.

Turki ada di atas garis patahan khusus dan kerap dikoyak gempa. Negara itu pernah merasakan gempa hebat pada 1999. Saat itu, korban meninggal capai 18 ribu orang.

Musibah Gempa ini jadikan salah satunya Gempat terdasyat yang terjadi diawalnya Tahun 2023, dengan terus merasakan Gempa susulan yang hendak memekan korban jiwa faksi Pemerintahan Turki membuat tempat evakuasi sementara yang jauh dari beberapa gedung tinggi untuk menghindar imbas Gempa yang semakin besar.

Faksi pemerintahan Turki sudah kerahkan personel kombinasi untuk turus cari beberapa korban Gempa yang terkena puing-puing beberapa gedung, tenaga Klinis diharap memberi bantuan lebih ke korban yang menngalami cedera serius dan tenaga perawat yang lebih ingat jumlah korban yang masih semakin bertambah.

Dengan Gempa yang paling dasyat itu Pemerintahan Turki memberi anjuran ke warga untuk selalu menanti sampai memperoleh keterangan yang jelas ke semua keluaraga korban.