Jokowi Bingung Pidato di Tengah Sawah Becek

12

Redaksipil – Jokowi Pidato di Tengah Sawah Ada panorama tidak biasa saat Presiden Joko Widodo alias Jokowi membagi sertifikat tanah untuk masyarakat dan surat keputusan (SK) Perhutanan Sosial dan SK Tanah Object Reforma Agraria (TORA) di Dusun Gabusan, Kabupaten Blora, Jawa tengah.

Umumnya, peristiwa Jokowi berjumpa warga wilayah dilaksanakan di lokasi yang cukup nyaman. Sekalinya di luar ruang, keadaannya benar-benar pantas.

Saat ini berlainan. Presiden Jokowi membagi sertifikat tanah untuk masyarakat Blora di tengah-tengah sawah. Lokasi sawah diputuskan bukan yang telah tertancap secara baik. Namun pada proses urug dan becek karena satu hari awalnya hujan mengguyuri. Bangku untuk masyarakat diatur di atas tempat persawahan dan diberi tenda sebagai perlindungan.

Keadaan itu membuat Jokowi tergelitik. Ia kebingungan siapakah yang pilih lokasi pembagian sertifikat pada tempat semacam ini. Walau sebenarnya menurut dia, banyak tempat lebih pantas di teritori Blora, Jawa tengah.

“Saya tidak paham siapakah yang pilih lokasinya di sini, coba diputuskan ada tempat bagus di Kabupaten Blora, atau berada di kota Cepu kok milih di sini. Tempatnya sangat bagus? demikian?” tutur Jokowi saat menyampaikan pidato di Dusun Gabusan, Jawa tengah seperti disaksikan dari YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (11/3).

Jokowi Pidato di Tengah Sawah
Jokowi Pidato di Tengah Sawah

Di muka tenda Jokowi duduk, memang kelihatan tempat berlumpur dan becek. Ia berasa seperti ingin bajak sawah.

Jokowi akui sebelumnya sempat menanyakan masalah lokasi itu pada menterinya sampai Gubernur Jawa tengah, Ganjar Pranowo. Jawaban Ganja, lokasi itu diputuskan sendiri oleh masyarakat.

“Pertanyaan saya yang milih siapa? Saya bertanya bu menteri, pak menteri ini yang milih siapa? Saya bertanya Pak Gubernur yang milih masyarakat sendiri kok pak,” kata Jokowi dituruti tepok tangan masyarakat.

Walau kebingungan, Jokowi tidak kelihatan sedih dengan lokasi yang diputuskan. Ia cuma memikirkan lokasi itu ibarat ingin bajak sawah.

“Di sini tempatnya agar jauh, jauh tidak apapun tetapi kan becek kaya begini coba, sesudah ini ingin ditanamkan begitu. Kita kaya membajak sawah saja,” lelucon Jokowi sekalian tersenyum.

Beberapa video yang tersebar menunjukkan keadaan tanah benar-benar sangat benyek. Beberapa masyarakat yang datang kelihatan menggunakan boots. Karena sangat beceknya lokasi tatap muka, kaki masyarakat disanggupi lumpur. Tapi, mereka benar-benar semangat ikuti acara pembagian sertifikat yang sudah dilakukan Jokowi.

Cek berita menarik lainnya hanya di Redaksipil.com berbagai informasi terupdate dan terbaru dan viral telah kami rangkum untuk Anda.