Dalil Berpuasa Saat Isra Miraj di Tahun 2023

4

redasipil Isra Miraj jadi peristiwa penting dalam perubahan Islam, karena itu diperingati tiap tahun. Dalam rayakannya bolehkan puasa di Isra Miraj? Bagaimana hukum puasa saat Isra Miraj 2023?

Memang tahun ini Isra Miraj 2023 tidak bersamaan dengan hari khusus yang disunnahkan untuk lakukan puasa, seperti Senin dan Kamis. Tetapi bila ingin berpuasa sebagai ibadah Isra Miraj bolehkah.

Berkaitan hukum puasa saat Isra Miraj 2023 ini sebetulnya tidak ada alasan yang mengendalikannya secara eksklusif. Puasa di Isra Miraj lebih sebab rutinitas puasa sunnahnya.

Berdasar situs About Islam, tidak ada alasan yang menerangkan puasa pas di hari Isra Miraj.

“Penting untuk kaum muslim untuk menunjukkan rasa sukur atas kejadian besar yang terjadi. Apa lagi bila kejadian itu bawa karunia untuk tiap muslim. Tetapi wujud pembuktian rasa sukur tak berarti harus berpuasa.”

Walau demikian bila ingin puasa saat Isra Miraj diperbolehkan. Menurut fatwa Instansi Fatwa Mesir, puasa pada hari Isra Miraj memiliki sifat sunnah dengan ambil alasan dari hadis puasa sunnah pada umumnya.

Isra Miraj
Isra Miraj

“Barangsiapa berpuasa sehari secara tathawwu’ (sukai rela), bukan fardhu, karena itu Allah akan menghindari orang itu dari api neraka sepanjang perjalanan 70 tahun.”

Seperti dalam hukum Islam, bila lakukan puasa sunnah akan mendapatkan pahala dan bila tidak melakukan, tidak mendapatkan siksa.

Lantas bagaimanakah bacaan niat puasa yang dibaca? Karena Isra Miraj dirayakan tiap 27 Rajab, karena itu bisa saja membaca niat puasa Rajab.

Bacaan niat puasa rajab ialah seperti berikut:

-Niat puasa rajab dibaca malam hari
“Nawaitu shouma ghodin fii syahri Rojaba sunnatan lillaahi taala.”
Maknanya: Saya niat puasa esok pada bulan Rajab Sunnah karena Allah taala.

-Niat puasa rajab dibaca pagi hari
“Nawaitu shoumal-yauma fii syahri Rojaba sunnatan lillaahi taala.”
Maknanya: Saya niat puasa ini hari pada bulan Rajab Sunnah karena Allah taala.
Niat puasa pada pagi ini hari cuma dapat dibaca bila belum lakukan beberapa hal yang menggagalkan puasa.

Saat ini anda sudah mengetahui hukum puasa saat Isra Miraj 2023 yakni sunnah, bila dilaksanakan akan mendapatkan pahala dan jika ditinggal tidak berdosa.