Google MusicLM AI Hasilkan Musik Dari Kata-Kata

20

redaksipil – Google MusicLM awalnya, tehnologi kepandaian bikinan atau AI yang namanya ChatGPT sudah jadi viral di semua dunia maya. Ini kali, Google sudah umumkan sebuah alat AI yang mempunyai kekuatan untuk mengganti kalimat jadi musik. Raksasa tehnologi ini melaunching sebuah project dengan judul MusicLM: Hasilkan Musik Dari Kata. Kurang lebih bagaimana ya mekanismenya? Mari kita ulas bersama!

Google MusicLM, AI yang Sanggup Mengganti Kata Jadi Musik

Google MusicLM
Google MusicLM

Beberapa periset Google sudah membuat AI yang bisa hasilkan kreasi musik memiliki durasi beberapa saat dari keinginan text, serta bisa mengganti melodi yang disiulkan atau disenandungkan jadi instrument lain. Mode ini disebutkan MusicLM.

MusicLM jadikan proses pembikinan musik bersyarat sebagai pekerjaan pemodelan posisi ke posisi hirarki, dan hasilkan musik pada 24 kHz yang masih tetap stabil sepanjang beberapa saat. Uji coba itu memperlihatkan jika MusicLM melampaui mekanisme awalnya, baik pada hal kualitas audio atau ketaatan pada deskripsi text.

Perusahaan tehnologi itu sudah mengupload banyak contoh yang dibuatnya memakai mode itu mirip contoh perintah ini:

elektronik song played in a videogame (0:00-0:15)

meditation song played next to a river (0:15-0:30)

fire (0:30-0:45)

fireworks (0:45-0:60)

Google sudah merangkum ekperimennya pada AI Google itu pada gambar berikut ini:

MusicLM bahkan juga bisa mensimulasikan vocal manusia. Walau nampaknya memperoleh suara dan suara keseluruhnya suara secara benar, ada pula kwalitasnya yang tidak bagus. Google menjelaskan jika mereka sudah melaunching dataset dengan sekitaran 5.500 pasangan musik-teks secara khalayak, yang bisa menolong saat latih dan menilai AI musik yang lain.

Tetapi untuk sekarang ini, Google sekarang ini belum juga umumkan kapan AI itu akan launching untuk warga umum dan kapan akan melakukan.

Investasi Google dalam AI

Sama sesuai laporan terkini, untuk berkompetisi dengan ChatGPT, Google akan mengeluarkan beragam produk baru memiliki tenaga AI di masa datang. Disampaikan jika Microsoft sedang kerjakan mesin perayap yang disokong oleh AI untuk memberi kompetisi ketat ke Google – mesin perayap yang terbanyak dipakai di dunia.

Untuk berkompetisi dengan Microsoft, Google disampaikan sedang kerjakan mesin perayap memiliki tenaga AI versinya sendiri agar menjaga pasar mayoritasnya. Laporan itu mengatakan jika Google akan umumkan sekitaran 21 produk baru berbasiskan AI sepanjang Google I/O 2023 yang diprediksi akan diselenggarakan di bulan Mei tahun ini.

Kalian dapat menyaksikan project Google untuk AI itu lebih komplet di sini