Kedatangan Fernandez ke Chelsea Resmi Diumumkan

10

redaksipilFernandez ke Chelsea sesudah Club Liga Primer Inggris Chelsea umumkan penandatanganan Enzo Fernandez dari Benfica pada Rabu (1/2/2023) sesudah sepanjang hari lakukan perundingan yang sulit di antara ke-2 club saat pemain tengah Argentina itu tergabung dengan rekor transfer di Inggris sejumlah 106,delapan juta pound (Rp 1,96 triliun).

Saat tenggat waktu transfer bursa musim dingin dekati akhir, nampaknya persetujuan kemungkinan tidak terwujud. Tetapi pengakuan dari Benfica memperjelas jika persetujuan sudah disetujui sebentar saat sebelum jam 23.00 GMT pada Selasa (31/1/2023).

Chelsea umumkan penandatanganan pada Rabu jam 10.00 GMT lewat video di Twitter, yang memperlihatkan clip jam yang berdetak, merujuk di hari tenggat waktu.

Pengakuan Benfica menjelaskan Chelsea akan bayar ongkos pelepasan kontrak untuk pemain berumur 22 tahun itu, yang sudah tanda-tangani kontrak delapan 1/2 tahun dengan club London itu. Pengeluaran transfer Chelsea di bulan Januari saja sekarang jadi lebih dari 300 juta pound. Berdasar laporan media, Chelsea akan bayar ongkos itu dalam seringkali angsuran.

“Sport Lisboa e Benfica – Futebol, SAD memberitahukan jika mereka sudah capai persetujuan dengan Chelsea FC untuk pemasaran semua hak pemain Enzo Fernandez, dalam jumlah 121.000.000 euro,” bunyi pengakuan Benfica.

Benfica datangkan Fernandez pada Juli 2022 dari River Plate, yang mempunyai klausul pemasaran selanjutnya sejumlah 25 %. Ia kantongi 4 gol dan tujuh assist di dalam 29 laga di semua persaingan untuk Benfica musim ini.

Ongkos…
Fernandez ke Chelsea
Fernandez ke Chelsea

Chelsea membawa Fernandez dengan ongkos nyaris Rp 2 triliun.

Ongkos 106,delapan juta pound melebihi 100 juta pound yang dibayar Manchester City ke Aston Villa untuk pemain tengah Inggris Jack Grealish pada 2021.

Fernandez berperanan penting diperjalanan Argentina juara Piala Dunia di Qatar, masuk ke starting lineup dan mainkan tiap laga, cetak salah satunya gol dalam kemenangan penting atas Meksiko di babak group. Ia tutup kompetisi dengan kantongi Young Player Award.

Bos Benfica Roger Schmidt tidak tertarik menyaksikan Fernandez pergi tapi menjelaskan tangan mereka akan terlilit bila club bayar klausul pelepasan pemain.

Fernandez ialah perekrutan ke-8 Chelsea di transfer bursa tengah musim sesudah club London itu datangkan Mykhailo Mudryk, Benoit Badiashile, Noni Madueke, Andrey Santos, David Fofana dan Malo Gusto sementara Joao Felix datang dengan status utang dari Atletico Madrid. Semua berumur 23 tahun ataupun lebih muda.

Pada Selasa, Chelsea jual pemain tengah eksper Jorginho ke pimpinan Liga Primer Arsenal dengan harga 12 juta pound. Tetapi, usaha Paris Saint-Germain untuk mengontrak pemain Maroko Hakim Ziyech dengan status utang tidak berhasil.

Transfer Fernandez membuat keseluruhan pengeluaran Chelsea untuk pemain semenjak pengambilalihan Mei lalu oleh group investasi yang dipegang oleh American Todd Boehly dan Clearlake Capital jadi sekitaran 600 juta pound (Rp 11 triliun) saat mereka coba membuat kembali tim mereka.

Chelsea ada di posisi 10 di Liga Premier, tertaut 10 point dari status empat besar. Mereka seterusnya melayani pesaing lokal Fulham pada Jumat (3/2/2023).