Fakta Menarik PS5 yang Wajib Kalian Ketahui

18

redaksipil – Fakta Menarik PS5 dan menjadi periode saat ini bermain game menjadi kepentingan yang makin wajar. Bermain game menjadi satu peristiwa untuk istirahat sesaat dari penatnya jalani kehidupan seperti bekerja dan aktivitas akademik misalkan. Sistem bermain game saat ini juga telah banyak macamnya baik lewat handphone atau computer individual.

Tetapi bila mengulas pengalaman bermain games yang maksimal tanpa perlu repot pahami masalah PC dan cari pengalaman yang lebih komplet, tentu saja semua akan lari ke konsol games. Salah satunya konsol yang terkenal di Indonesia ialah Sony PlayStation. Konsol yang telah lama temani periode kecil kita ini telah capai angkatan kelima semenjak kehadiran PlayStation 5 atau yang umum dikenali dengan panggilan PS5.

Bukti PS5 yang Perlu Gamer Kenali

Lantas apakah ada sesuatu hal yang unik dari PS5 hingga membuat menjadi satu diantara konsol yang paling dicari saat datang 2020 kemarin. Karena sangat terkenalnya, konsol ini sampai sulit ditemukan dan calon konsumen harus memenangi lotere cuma untuk memperoleh peluang beli konsol itu.

Kesempatan ini, kami akan memperkenalkan beberapa bukti PlayStation 5 yang kemungkinan belum kalian kenali. Dibanding berbasa-basi, silahkan langsung kita awali saja ulasannya.

1. Sudah Mendukung Resolusi Grafik Kelas Atas

Siapa bilang kalau konsol itu selalu punya performa yang jauh dari PC. Buktinya konsol PS5 kini bisa memainkan game dalam resolusi 4K dengan maksimal refresh rate 120hz. Spesifikasi yang sudah biasa dan menjadi standar gaming di zaman modern.

Fakta Menarik PS5
Fakta Menarik PS5

Bahkan sebenarnya PS5 sudah mendukung hingga resolusi 8K. Meski kalian masih belum bisa memainkan semua game di resolusi tersebut mengingat hanya ada 1 game yang bisa mencapai resolusi 8K yaitu The Touryst. Gaming di 4K saja sudah sangat jernih jadi tidak adanya 8K juga bukan masalah berarti.

2. Dukung HDR dan VRR

PS5 juga sudah punya fitur yang lumrah hadir di mesin PC gaming. Sebut saja fitur anyar seperti HDR dan variable refresh rate. Beberapa fitur seperti itu absen di konsol sebelumnya PS4. Menjadikan pengalaman bermain game di konsol keluaran 2020 tersebut sudah sangat nyaman dan pastinya tidak lagi ketinggalan zaman.

Fakta Menarik PS5
Fakta Menarik PS5

Fitur HDR sendiri memungkinkan warna gambar terlihat lebih hidup dengan cakupan warna lebih luas. Tentunya monitor atau TV kalian sudah harus punya fitur tersebut untuk bisa menikmatinya.

Sedangkan VRR atau variable refresh rate adalah refresh rate dinamis yang sudah terlebih dahulu hadir di PC gaming. Game bisa menyesuaikan jumlah refresh rate ketika diperlukan saja. Seperti HDR, pengguna harus menggunakan layar yang punya fitur G-Sync atau FreeSync.

3. Pakai SSD Khusus Super Kencang

Jika ada satu hal yang benar-benar dibanggakan oleh Mark Cerny sang lead designer PS5, tentu tidak lain adalah kecepatan media penyimpanan mereka. Mark sampai menjelaskan bagian SSD ini secara khusus tentang bagaimana teknologi SSD mereka ini sedikit berbeda dan butuh spesifikasi lumayan kencang.

Fakta Menarik PS5
Fakta Menarik PS5

Menurut Mark, jika pengguna ingin melakukan ekspansi SSD bawaan mereka. SSD yang dipakai setidaknya sudah harus mendukung PCIe Gen4 x4 dengan interface m.2. Speed sequential pun harus minimal 5.500Mb/s dan punya sistem pendingin atau heatsink.

Walau dalam paket pembelian kalian disuguhi kapasitas sebesar 1TB, nyatanya hanya 825GB yang bisa digunakan. Tapi tenang, semua itu terbayar jika kalian mendengar membaca data 2GB hanya dalam 0,27 detik. Bandwidth pun bisa mencapai 5GB/s dan 9GB/s untuk data yang sudah terkompres. Ucapkan selamat tinggal pada loading screen.

4. Game Library yang Tidak Kalah Seru

Membahas konsol tentu tidak boleh melupakan library gamenya. Karena ya poin utama dari membeli konsol adalah untuk bermain game. List game pun harus game yang menarik perhatian gamer dan kalau bisa eksklusif.

Fakta Menarik PS5
Fakta Menarik PS5

Untung saja PS5 punya game yang tidak kalah dari konsol rival seperti Xbox dan Switch. Karena targetnya home user, tentu pembeli PS5 adalah orang yang tidak mau ribet memainkan game lewat PC dan ingin lebih bersantai memainkan game sambil duduk di sofa di ruang tamu. Game yang hadir juga sudah sebanyak 500+ judul. Itupun hanya game yang native di PS5 saja bukan yang backward compatible ataupun game PSVR.

5. Backward Compatibility untuk Game PS4

Selain bisa memainkan game baru dengan grafik terindah, Sony sepertinya juga mengerti banyak yang masih memiliki disc game PS4 entah sebagai koleksi ataupun memang game tersebut belum hadir di PS5.

Fakta Menarik PS5
Fakta Menarik PS5

Jadi siasat terbaik adalah membuat konsol terbaru mereka ini masih tetap bisa memainkan game PS4. Menurut situs resmi PlayStation sendiri, ada total 4000+ game PS4 bisa dimainkan secara native di PS5. Jadi kemungkinan besar game PS4 yang ingin kalian mainkan bisa berjalan di konsol ini. Bahkan kalian masih bisa menggunakan DualShock 4 ketika memainkan game PS4.

Tidak hanya itu, ada juga beberapa judul game yang mendapatkan free upgrade ke versi PS5 jika kalian sebelumnya pernah memiliki game tersebut di PS4. Jadi tidak perlu keluar uang dua kali untuk mendapatkan game yang sama.

Namun banyak yang berharap PS5 bisa mendukung game hingga konsol lawas mereka yakni PS3, PS2, atau PS1. Memang beberapa judul terbatas bisa dimainkan secara cloud streaming, sayang sekali PS5 tidak native support game konsol lawas seperti Xbox Series X yang mendukung game hingga Xbox perdana sekalipun.