Erick Thohir Resmi Menjadi Ketua Umum PSSI

11

redaksipilErick Thohir resmi dipilih sebagai Ketua Umum PSSI masa 2023-2027 dalam Konferensi Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Kamis (15/2/2023). Dia menaklukkan beberapa lawannya terhitung La Nyalla Mattalitti.

Dalam pengambilan suara, Erick Thohir raih 64 suara voters sementara La Nyalla Mattalitti memperoleh 22. Sementara Arief Putra Wicaksono dan Doni Setiabudi tidak menjala satu juga suara voters.

Sebagai info, penyeleksian anggota eksekutif (Exco) PSSI terhitung ketua umum, dilaksanakan lewat proses pengambilan suara. Ada 87 voters yang memiliki hak memberi suaranya dalam KLB PSSI.

Mereka terbagi dalam 34 Federasi Propinsi, 18 Liga 1, 16 club Liga 2, 16 Liga 3, Liga Futsal Indonesia, Federasi Sepak Bola Wanita Indonesia dan Federasi Pelatih Sepak Bola Semua Indonesia.

Prosesnya, seorang calon akan syah jadi Ketua Umum seandainya memperoleh minimal 45 suara alias 50 % +1 dari jumlahnya voters yang datang.

Erick Thohir Resmi
Erick Thohir Resmi

Dalam konferensi ini, sekitar 86 voters sudah memberi suaranya, sementara satu voters memutuskan untuk mangkir.

Mengarah hasil pengambilan suara, Erick Thohir ditegaskan dipilih sebagai Ketua Umum PSSI masa 2023-2027. Ia gantikan Mochamad Iriawan yang awalnya memegang dari 2017-2023.

Pernyataan Erick Thohir

Erick akui, tidak ada taktik khusus yang dipersiapkan mendekati penyeleksian Ketua umum PSSI dalam Konferensi Luar Biasa pada 16 Februari kedepan.

“Saya tidak ada taktik. Saya ngomong jika saya siap menang siap kalah,” kata Erick, ke reporter, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/2).

Ia menyebutkan, dianya memang ingin berperan lakukan pembaruan dalam sepak bola Indonesia lewat bangku Ketua umum PSSI. Walau begitu, jika tidak dipilih, hal tersebut bukan permasalahan.