Ekspedisi Beras Bulog Terombang Ambing Dilautan

34

redajksipil – Ekspedisi Beras Bulog yang dijelaskan oleh Direktur Khusus Perum Bulog Budi Waseso menjelaskan, beras import yang telah masuk dan ada di gudang Bulog sekarang baru sekitaran 300 ribu ton dari 4 negara.

Adapun keseluruhan beras import yang dihadirkan sekitar 500 ribu ton. Kehadirannya terdiri dari dua tahapan, yaitu 200 ribu ton beras sampai Desember 2022, dan 300 ribu ton beras pada Januari-Februari 2023.

“Sehingga kita import yang telah masuk 300 ribu ton dari 500 ribu ton, bekasnya di lautan atau dermaga nantikan bedah, masalah cuaca,” kata Buwas, panggilan dekat Budi Waseso di Kantor Perum Bulog, Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Tidak cuma cuaca, Buwas mengatakan, penghasilan beras dari Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Pakistan ikut terhalang peraturan export dari negara asal.

“Mengapa myanmar belum masuk, karena ijin karantina memiliki masalah. Sebagian besar Thailand, Vietnam, beberapa negara telah tutup keran exportnya,” bebernya.

Buwas bercerita kendala kehadiran import beras di akhir tahun kemarin, yang tertahan birokrasi dari negara exportir selama saat Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Karena birokrasi Desember ini tengah waktu di beberapa negara itu banyak liburan pegawai, tidak ada beberapa kapal, nahkoda liburan. Nataru ke-3 itu cuaca Thailand terjadi kapal kebalik, kapal karam,” tuturnya.

Tetapi, Buwas menetapkan sasaran semua beras import 500 ribu ton itu dapat masuk paling lama 15 Februari 2023. Adapun sasaran itu maju sehari bisa lebih cepat dari awal sebelumnya.

“Paling lamban 15 Februari masuk semua. Kemudian fokus pada panen, resapan dalam negeri,” tandas Budi Waseso.

Harga Melesat, Mendag Perintahkan Bulog Terlepas Stock Beras ke Pasar Tanpa Mediator

Ekspedisi Beras Bulog
Ekspedisi Beras Bulog

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan minta Perum Bulog untuk selekasnya melepaskan stock beras ke pasar tanpa mediator. Ini untuk tekan nilai jual beras yang tetap alami peningkatan dalam beberapa saat paling akhir.

“Ini kan pekerjaannya Bulog supaya selekasnya melepaskan stoknya sampai ke pasar,” kata Mendag Zulkifli di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2023).

Mendag Zulkifli sampaikan, pola pemasaran beras tanpa mediator oleh Perum Bulog akan efisien tekan nilai jual beras di pasar. Yaitu, optimal Rp 9.450 per kg (kg) sampai ditangan pedagang.

“Karena jika gunakan mediator kembali, kelak mediatornya bukan Bulog, semestinya di pasar termahal Rp 9.450 (kg),” terang Mendag Zulkifli.

Mendag Zulkifli meneruskan, sekitar 300 ribu ton beras asal import akan masuk Indonesia pada bulan Februari ini. Kehadiran beras ini sisi dari penempatan import Bulog tahun 2022 sekitar 500.000 ton.

“Beras Bulog (import) ini bagus, jika dibeli aktor besar kembali kan kelak dijualnya mahal kembali,” katanya.

Perintah Jokowi

Ekspedisi Beras Bulog
Ekspedisi Beras Bulog

Awalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutarakan, ada 79 wilayah yang alami peningkatan harga beras. Ia juga sudah minta Badan Usaha Perum Tubuh Logistik (Bulog) untuk menuntaskan permasalahan peningkatan harga beras.

“2 hari kemarin saya ingatkan Bulog untuk permasalahan ini karena di atas lapangan 79 wilayah ini kenaikannya cukup banyak,” kata Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/1).

Jokowi minta peningkatan harga beras jadi perhatian penting. Pemerintahan dan beberapa penopang kebutuhan harus bekerja sampai ke beberapa hal yang detil untuk mengontrol inflasi di wilayah.

“Berhati-hati dengan yang bernama peningkatan harga beras. Kita memang seharusnya kerja detil dan saksikan secara langsung apa harga yang naik,” katanya.