Covid China Lagi Meledak Tapi Malah Membuka Perbatasan, Mantap!

23
Covid China Lagi Meledak
Foto: REUTERS/TYRONE SIU

redaksipil – Pada hari Minggu, 8 Januari 2023, penyeberangan darat dan laut dari Hong Kong ke China dimulai. Banyak dari mereka yang hidup saat ini sejak Beijing mulai menerapkan perbatasan yang telah ditetapkan menyusul kelanjutan COVID-19 dan masalahnya Covid China Lagi Meledak.

Setelah tiga tahun, pemerintah China menjalin hubungan diplomatik dengan Hong Kong dan melembagakan persyaratan visa karantina untuk pelancong yang masuk. Ini adalah indikasi ketiga bahwa vaksin nol-COVID, yang dibuat untuk melindungi orang di China dari virus tetapi juga untuk menyebarkan penyakit ke orang di negara lain, telah berhasil.

“Saya sangat senang, sangat senang, dan cukup optimis. Saya sudah bertahun-tahun tidak berbicara dengan saudara kembarnya,” urai Teresa Chow, satu-satunya penduduk Hong Kong, saat bersiap berangkat ke China pada Minggu pagi dari lokasi Pos pemeriksaan Lok Ma Chau.

“Saya sangat senang untuk kembali dan melihat mereka sekarang,” katanya. “Orang tua saya tidak dalam kesehatan yang baik, dan saya tidak bisa menemui mereka kembali bahkan ketika mereka menderita kanker usus besar.”

Covid China Lagi Meledak
Foto: REUTERS/TYRONE SIU

Menurut Reuters, pada 8 Januari 2023, investor mengantisipasi ekonomi yang saat ini mengalami resesi US$17 miliar akan pulih dalam beberapa bulan mendatang. Pembukaan mengikuti perbatasan dimulainya “chun yun” pada Sabtu, periode 40 hari pertama Tahun Baru Imlek, yang, sebelum pandemi, merupakan migrasi orang terbesar di dunia yang pindah kembali ke rumah mereka untuk bersama keluarga mereka selama setahun.

Menurut pemerintah China, sekitar dua kali lebih banyak orang diperkirakan melakukan perjalanan bulan ini dibandingkan tahun lalu, dengan peningkatan 70% dari level pada 2019. Hal ini sesuai dengan perkiraan yang dibuat oleh pemerintah China.

Meskipun beberapa negara memiliki tujuan Wisata yang sejalan dengan Covid China, banyak orang China yang diharapkan pindah ke luar negaranya. Tidak banyak negara yang menawarkan bantuan kepada pengunjung dari negara-negara Tirai Bambu.

Pada Hari Minggu, China juga kembali menerbitkan paspor, dokumen perjalanan, dan visa reguler serta izin masuk bagi warga negara asing. Beijing memiliki sejumlah besar orang yang dapat melakukan perjalanan antara China dan Hong Kong setiap hari.

Sebuah video yang diposting di media sosial di China mengingatkan pemirsa fakta bahwa karyawan di bandar Pudong Shanghai diizinkan untuk menggunakan layanan papan biru terminal internasional hingga sebulan setelah acara.

Dalam video yang berbeda, orang terlihat menangis secara emosional saat mereka kembali ke tempat duduk mereka di bandara di akhir klip.