ChatGPT Teknologi Canggih Mempermudah Segalanya

10

redaksipilChatGPT teknologi canggih yang akan membantu anda menyesalaikan tugas, sudah pernahkah Anda berasa mentok saat kerjakan pekerjaan atau skripsi? Misalnya saat Anda tidak dapat mendapati topik yang pas, atau kesusahan memperoleh literatur yang memberikan dukungan tesis Anda?

Sebetulnya, internet sudah sediakan gudang info yang dapat Anda pakai untuk kerjakan pekerjaan dan skripsi itu. Tetapi dengan demikian jumlahnya info yang menyebar, memperoleh info yang pas justru jadi rintangan tertentu.

Untungnya, perubahan tehnologi makin mempermudah kita menjawab persoalan itu. Misalnya dengan munculnya ChatGPT.

Untuk Anda yang belum mengetahui, ChatGPT ialah chatbot yang diperkembangkan oleh OpenAI. ChatGPT mempunyai kekuatan pahami text secara kontekstual, untuk selanjutnya memberi jawaban yang kontekstual juga. ChatGPT pintar dan tahu banyak topik karena sudah “belajar” dari content yang berada di internet.

Tetapi perlu dimengerti, tidak boleh seutuhnya memakai ChatGPT untuk membikin pekerjaan atau skripsi. Statuskan ChatGPT sebagai rekan belajar dan dialog sekitar topik tertentu. Dengan pengetahuan yang dipunyai, ChatGPT mempunyai sudut pandang yang luas akan sebuah topik, yang kemungkinan dapat Anda menjadikan topik besar untuk pekerjaan atau skripsi.

Langkah manfaatkan ChatGPT untuk menulis pekerjaan atau skripsi

1.Pilih topik

Sebagai awalnya, ChatGPT dapat Anda pakai untuk memperoleh topik khusus. Anda cukup masukkan info dasar, seperti judul dan kata kunci yang Anda ingin bangun.

Misalnya berikut ini, saat kami minta ChatGPT untuk cari lima topik khusus saat mengulas transportasi khalayak di Bandung.

ChatGPT Teknologi Canggih
ChatGPT Teknologi Canggih

2. Buat Outline

Saat telah memperoleh topik yang pas, Anda dapat minta kontribusi ChatGPT untuk membikin posisi atau outline tulisan. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh deskripsi beberapa poin khusus dan hingga mempermudah pada proses penulisan.

3. Cari Literatur

Dari outline yang ada, Anda selanjutnya dapat cari sumber info dan literatur memakai ChatGPT. Misalnya di sini, ChatGPT memberi jejeran literatur saat kami meminta carikan literatur mengenai transportasi di Bandung. Sebagai catatan, ChatGPT tidak memberi link ke sumber info, hingga Anda harus cari sendiri literatur itu lewat Google atau mesin perayap lain

4. Cari Data

Anda juga dapat manfaatkan ChatGPT untuk cari data rekomendasi dan menyuguhkannya sebagai tabel. Cukup pakai perintah “dalam tabel” atau “in table”, ChatGPT akan menyuguhkan data dengan pola yang Anda harapkan. Misalnya berikut di bawah ini, saat kami minta ChatGPT menemukan data penumpang BRT di Jakarta.

Sayang, transparansi data tetap menjadi hal baru di Indonesia, hingga ChatGPT peluang akan kesusahan cari data yang detil mengenai sebuah topik di Indonesia. Disamping itu, data ChatGPT terbatas sampai tahun 2021, hingga tidak dapat memberi info yang terbaru.

Ringkasan

Begitu sedikit deskripsi bagaimana memakai ChatGPT sebagai pendamping individu untuk kerjakan pekerjaan atau skripsi. Seperti kelihatan, ChatGPT dapat dipakai untuk menolong Anda di beberapa faktor, dimulai dari topik, literatur, sampai penelusuran data.

Perlu kami tegaskan satu kali lagi, tidak boleh pakai ChatGPT untuk kerjakan pekerjaan Anda seutuhnya. Pertama karena ChatGPT masih tetap mempunyai kekurangan (seperti data yang tidak up to date), ke-2 karena ada banyak tools yang bisa mengetahui pemakaian ChatGPT. Anda dapat terserang permasalahan bila seutuhnya memercayakan ChatGPT untuk membikin pekerjaan atau skripsi.

Jadi langkah yang terbaik memakai ChatGPT dalam kerangka membuat pekerjaan dan skropsi ialah menjadikan pendamping individu. Bila dipakai secara tepat, pekerjaan dan skripsi yang Anda atur bisa usai bisa lebih cepat.

Selamatmempraktikkan!