ChatGPT Buat Malware Berbahaya Berbentuk Phyton

25

redaksipilChatGPT buat Malware berbentuk Phyton hal tersebut dikatakan Check Point Research dari penelusuran di berbagai forum hacker. Salah satu berita yang muncul pada 29 Desember 2022 bertemakan ChatGPT: benefit of malware.

ChatGPT dalam membuat suatu malware memakai bahasa Phyton. “ChatGPT sukses mengartikan code ke low-level language seperti C atau ASM. Kuncinya ialah tuliskan secara detil arah [malware] itu dan posisi cara yang perlu dilaksanakan,” catat hacker itu.

Contoh lain ialah sebuah code berbasiskan Phyton yang berperan lakukan decrypt dan encrypt data memakai algoritme Blowfish dan Twofish. Dengan kontribusi ChatGPT, seorang anggota komunitas bisa membuat script yang berperan mengacak-acak (decrypt) file dan tuliskan message authentication kode (MAC) diakhir file.

Yang memikat, orang ini akui baru pertama kalinya membuat script untuk lakukan proses encrypt dan decrypt data. “Script itu mempunyai peranan yang normal, tetapi secara mudah bisa diubah untuk mengenkripsi file dalam computer tanpa perlu hubungan pemakai. Dalam kata lain, script itu bisa beralih menjadi ransomware dengan sedikit peralihan,” ungkapkan team periset Cek Poin.

ChatGPT Buat Malware
ChatGPT Buat Malware

Team periset Cek Poin Research sendiri menyebutkan, terlampau awal untuk menghitung imbas ChatGPT pada timbulnya tipe malware baru. Apa lagi ChatGPT pada intinya cuma mengkompilasi tehnik pembikinan malware yang telah tersebar. Tetapi mirip contoh di atas, ChatGPT mempermudah script kiddies atau hacker pemula untuk membikin malware yang menghancurkan.

Sudah Diprediksikan

Team periset Cek Poin sendiri beberapa lalu juga menunjukkan “kehebatan” ChatGPT saat membuat gempuran siber security. Misalnya saat membuat e-mail phishing yang memberikan keyakinan hingga yang menerima e-mail tergerak untuk mengeklik link beresiko.

Bagaimana membuat file beresiko juga dapat ditolong dengan ChatGPT. Triknya dengan minta ChatGPT untuk membuat sebuah script berbasiskan VBA dalam suatu file Excel. Script VBA ini segera menyelesaikan perintah (yakni mengambil file dari sebuah URL) saat file Excel itu dibuka.

ChatGPT Buat Malware
ChatGPT Buat Malware

Perlu dimengerti, OpenAI sebagai pembikin ChatGPT memperjelas jika mereka tidak meluluskan pemakai manfaatkan ChatGPT untuk maksud beresiko. Namun, belumlah jelas bagaimana mereka bisa menahan hal itu.

Dengan semakin gampangnya hacker membuat malware, penting untuk organisasi Anda selalu untuk siaga dan tingkatkan keamanan mekanisme. Jika perlu, tanyalah ke ChatGPT: bagaimanakah cara membuat perlindungan mekanisme dari gempuran malware.