Cara Mencegah dan Merawat Gigi Anak Rusak

15

redaksipil – Cara Mencegah dan Merawat Gigi anak hancur adalah kekuatiran yang sering dirasa oleh orangtua pada umumnya. Karena, selainnya mempengaruhi kesehatan mulut anak, gigi yang hancur bisa juga kurangi suasana hati makan mereka dan berpengaruh pada keadaan kesehatan lain seperti tidak semangat, lemas, kurang energi, dan lain-lain.

Gigi anak yang normal ialah warna putih kekuningan, tetapi jika enamel gigi terusik karena itu ini akan mengakibatkan jadi lebih gelap. Efeknya, gigi akan kelihatan menghitam. Berikut yang menjadi satu diantara pemicu gigi anak hancur.

Merilis dari beragam sumber, berikut merdeka.com meringkas info mengenai pemicu gigi anak hancur sekalian langkah menahan dan menjaganya. Baca penjelasannya seperti berikut.

Penyebab Gigi Anak Rusak

Merilis dari situs sehatq.com, ada banyak hal yang dapat mengakibatkan gigi anak hancur. Berikut ialah pemicunya:

1. Kebiasaan Minum Susu Sebelum Tidur

Rutinitas ini akan mengakibatkan berlangsungnya baby bottle tooth atau yang lebih dikenali sebagai gigi gigis. Gigi yang gigis akan mengurangi gigi sisi depan anak.
Rutinitas minum susu saat sebelum tidur selainnya mengakibatkan gigi gigis, membuat gigi anak jadi berlubang besar. Maka dari itu, sebagai orangtua pasti perlu waspada kondisi ini supaya gigi anak tidak hancur.

2. Sering Menghisap Ibu Jari

Menghisap ibu jemari ialah rutinitas yang kerap dilaksanakan oleh bayi, tetapi rupanya ini cukup beresiko. Menghisap ibu jemari secara terus-terusan akan mengakibatkan formasi gigi jadi amburadul karena beresiko membuat gigi bergerak semakin maju dari yang semestinya. Maka dari itu, Anda perlu memantau rutinitas anak Anda yang menyukai menghisap jairinya.

3. Tidak Sikat Gigi dengan Baik dan Benar

Cara Mencegah dan Merawat Gigi
Cara Mencegah dan Merawat Gigi

Gigi anak hancur juga bisa dikarenakan oleh tidak lakukan sikat gigi dengan benar dan baik. Anak yang masih belum tumbuh gigi susu dapat dibiasakan untuk menyikat giginya dengan teratur. Ini dilaksanakan supaya susu atau makanan yang melekat di mulut dan lidah dapat terangkut dan tidak mengakibatkan gigi anak jadi hancur di masa datang.

4. Mencopot Gigi Sebelum Waktunya

Seterusnya, gigi hancur bisa juga dikarenakan oleh biarkan gigi lepas saat sebelum waktunya. Gigi susu, umumnya akan lepas ikuti transisi umur anak, maka dari itu pastikanlah jika gigi yang masih belum saatnya untuk lepas jangan dipaksakan untuk dilepaskan. Peranan gigi untuk jaga ruangan untuk bertumbuhnya gigi tetap.

5. Peradangan Gusi

elanjutnya, pemicu gigi anak hancur ialah karena ada infeksi gigi. Keadaan ini umumnya dikarenakan oleh anak yang kerap makan camilan seperti coklat, permen, dan diperburuk rutinitas tak pernah menyikat gigi. Disamping itu, pemicu dari infeksi gigi ini ialah karena ada karies yang menimbun pada gigi yang dari tersisa makanan.

6. Mengunyah atau Menggigit Makanan yang Keras

Cara Mencegah dan Merawat Gigi
Cara Mencegah dan Merawat Gigi

Kunyah atau menggigit makanan yang keras pada anak mengakibatkan gigi anak jadi hancur. Maka dari itu, jangan dibiarkan anak makan makanan yang keras seperti es batu, kacang-kacangan, permen, dan lain-lain. Hal tersebut dapat mengakibatkan gigi rengat dan memunculkan lubang.

7. Mulut Kering

Mulut kering bisa juga mengakibatkan gigi anak jadi hancur. Ini dapat muncul karena produksi air liur di mulut turun. Peranan dari air liur satu diantaranya untuk mempertahankan kesehatan rongga mulut. Terhitung menahan kerusakan gigi. Air liur bisa juga perkuat dan jaga gigi dari karies dan asam.

Cara Mencegah Gigi Anak RusakĀ 

Mencuplik dari situs dinkes.kalbarprov.go.id, berikut ialah langkah menahan gigi hancur pada anak.

1. Mulai membersihkan gigi sesudah gigi pertama kalinya ada dengan memakai lap basah atau kain kasa.

2. Kerjakan penyikatan gigi dengan teratur 2x satu hari dengan memakai sikat gigi untuk anak dan tanpa odol.

3. Tolong anak memakai benang gigi untuk bersihkan antara gigi 1x dalam satu hari.

4. Teratur bersihkan gigi anak ke dokter gigi tiap enam bulan sekali supaya kesehatan giginya bisa terbangun.

5. Tidak boleh beri anak susu botol saat sebelum tidur. Ini karena susu botol memiliki kandungan gula dan mengakibatkan gigi anak jadi hancur.

6. Beri konsumsi yang memiliki nutrisi seperti buah, sayur, dan beberapa bijian.

7. Jauhi memberikan makan atau minum yang lebih tinggi gula.

8. Yakinkan anak minum air putih cukup sehari-harinya. Ini dilaksanakan agar menghasilkan air liur pada mulut anak dan kesehatan gigi dapat terbangun.

Cek berita menarik lainnya hanya di Redaksipil.com berbagai informasi terupdate dan terbaru dan viral telah kami rangkum untuk Anda.