Beli LPG 3 kg Dipersulit, Berikut Syaratnya

29
beli lpg 3kg dipersulit
beli lpg 3kg dipersulit

redaksipil – Beli LPG 3 Kg dipersulit pada tahun 2023 ini. Mereka yang ingin beli harus ikuti langkah-langkah dan penuhi beberapa syarat. Cara ini diambil supaya pembelian gas LPG 3 Kg bersubsidi pas target.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperjelas pemasaran Elpiji 3 Kg di depan tak lagi lewat retail. Tetapi dipasarkan lewat sub-distributor sah PT Pertamina.

beli lpg 3kg dipersulit
beli lpg 3kg dipersulit

Sekretaris Perusahaan Sub Holding Komersil dan Niaga Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menerangkan, peraturan ini diterapkan supaya pembelian bantuan melon Elpiji bisa dilaksanakan dengan tepat dan tepat. Karena LPG 3 Kg dikasih ke barisan miskin dan usaha kecil dan micro.

“Sekarang ini Pertamina Patra Niaga sedang menambahkan sub distributor,” katanya dalam info jurnalis yang dicatat Satu Trending di Jakarta, Selasa (1/10/2023).

Disamping itu, konsumen bensin Elpiji 3 Kg cuma mengarah tiga kelompok customer. Yang pertama ialah rumah tangga, usaha micro dan petani atau nelayan target yang terima paket alih bentuk yang dikeluarkan oleh pemerintahan.

Terkecuali tiga kelompok customer itu, masyarakat yang lain tidak dibolehkan memakai gas elpiji 3 Kg. Pemerintahan akan mengharuskan konsumen LPG memperlihatkan KTP pada 2023. Kemudian dealer akan memeriksa identitas konsumen lewat nomor NIK yang berada di KTP.

“Untuk yang telah masuk database Pemercepatan Pengendalian Kemiskinan Ekstrim (P3KE) dan Data Mendalam Kesejahteraan Sosial (DTKS) langsung bisa lakukan pembelian dengan memperlihatkan KTP,” terang Irto.

Ia menambah, mereka yang tercatat dalam mekanisme P3KE dan DTKS dipandang masyarakat rawan. Maka dari itu, pembelian LPG 3 Kg untuk mereka telah pas target.

Membeli Gas LPG 3 KG Harus Gunakan KTP
Sementara untuk yang belum masukkan data, faksinya minta masyarakat untuk mendaftarkan memakai program MY Pertamina. Baru kemudian masyarakat bisa lakukan pembelian seterusnya seperti umumnya dengan memperlihatkan KTP.

“Maka kami benar-benar ingin membuat perlindungan mereka yang memiliki hak terima (LPG 3 Kg),” kata Irto.

beli lpg 3kg dipersulit
beli lpg 3kg dipersulit

Sekarang ini, pemerintahan tidak batasi pembelian LPG 3 Kg. Warga masih tetap dapat beli Elpiji 3 Kg seperti umumnya tanpa cemas habiskan paket sehari-hari seperti dengan BBM bersubsidi.

Peraturan pemakaian KTP untuk pembelian LPG 3 Kg masih juga dalam tahapan eksperimen. Kementerian ESDM bersama Pertamina lakukan eksperimen di lima daerah yaitu Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Semarang, Batam, dan Kota Mataram.