Ancaman Robot AI Kepada Manusia

18

redaksipil – Ancaman Robot AI Kepada Manusia (AI/artificial intelligence) yang nakal bisa membunuh semuanya orang bila tehnologinya tidak ditata secara benar seperti senjata nuklir, bunyi peringatan anggota parlemen.

Beberapa periset menjelaskan ke komite sains dan tehnologi jika AI bisa memunculkan ‘ancaman eksistensial’ untuk umat manusia.

Beberapa anggota parlemen dikasih tahu bagaimana industri AI sudah berkembang jadi ‘perlombaan senjata’ dan jika beberapa negara berkompetisi keduanya memikulgkannya untuk pemakaian militer dan sipil.

Mereka menjelaskan seperti manusia menghancurkan dodo (spesies burung), mesin kemungkinan memberantas kita, seperti diambil dari situs Metro, Jumat, 27 Januari 2023.

Ancaman Robot AI
Ancaman Robot AI

“Bila Anda memikirkan latih satu ekor anjing dengan cemilan, dia akan belajar pilih perlakuan yang membuat memperoleh cemilan. Tapi bila anjing mendapati almari cemilan, dia dapat memperoleh cemilan tersebut tanpa lakukan apa yang kami perintahkan,” kata mereka.

Michael Osborne, seorang pakar dalam machine learning menambah jika ia berpikir scenario muram itu realitas karena AI berusaha untuk pelajari apa yang membuat manusia spesial.

“Mekanisme artifisial bisa menaklukkan kita secara geopolitik seperti mereka ada di lingkungan permainan yang simpel,” kata Osborne.

Ia menyebutkan ada banyak argumen untuk mengharap jika kita lumayan baik dalam atur pemakaian senjata nuklir. Osborne mengaitkan jika AI sama berbahayanya dengan senjata nuklir.