Analisa Gempa Bumi Terhebat Tahun 2023

7

redaksipil – Analisa gempa Bumi yang mengguncangkan Turki pada Senin (6/1/2023) pagi waktu di tempat. Gempa itu terpusat di dekat kota Gaziantep sekitaran Turki tenggara yang bersebelahan dengan Suriah. Banyak para ahli memberikan pendapat akan gempa Bumi yang terjadi di Turki-Suriah dan menjadikan gempa Bumi terhebat pada awal Tahun 2023 ini dan memakan korban jiwa yang sangat banyak.

Disampaikan sampai Selasa (7/2/2023), gempa itu sudah tewaskan lebih dari 5.000 orang. Angka itu disebutkan saat ini masih mempunyai potensi naik ingat beberapa korban belum juga diketemukan di tengah-tengah puing-puing bangunan.

Gempa di Turki tersebut terjadi 2x. Gempa awalnya dikelompokkan sebagai gempa yang cukup kronis dengan kemampuan 7,8 magnitudo, dan tembus sekitaran 100km atau 62 mil dari garis patahan.

Akhirnya kejadian itu terdaftar sebagai gempa yang begitu membahayakan di Turki. Berikut keterangan kenapa gempa di Turki demikian mematikan dengan menelan beberapa ribu korban jiwa.

Keterangan gempa Turki menurut beberapa pakar

Menyadur BBC News, Kepala Institut Pengurangan Resiko dan Musibah dari University College London, Profesor Joana Faure Walker sampaikan dari deretan gempa bumi sangat membahayakan di dunia, cuma dua di dalam 10 tahun akhir yang berkekuatan yang sama dengan, dan empat dalam sepuluh tahun awalnya.

Tetapi, gempa yang mematikan tidak cuma dipandang dari getaran yang mengakibatkan keruntuhan, tetapi kemampuan bangunan memengaruhinya.

Dr. Carmen Solana sebagai pembaca dalam vulkanologi dan komunikasi resiko dari Kampus Portsmouth sampaikan, infrastruktur di Turki Selatan yang tidak kuat secara rata, terutamanya di Suriah menjadi satu diantara factornya.

Analisa Gempa Bumi
Analisa Gempa Bumi

Dr. Carmen sampaikan, durasi waktu 24 jam di depan penting untuk mendapati beberapa korban.

Daerah yang tidak terserang gempa bumi besar atau gempa kecil apa saja lebih dari 200 tahun, tingkat kesiapsiagaannya akan lebih rendah daripada daerah yang seringkali terbuncang gempa.

Factor gempa bumi

Factor yang mengakibatkan berlangsungnya gempa bumi ialah kerak bumi yang terbagi dalam beberapa potongan yang terpisah. Potongan yang sering disebutkan lurus dan piringan ini sama-sama bersebelahan.

Gempa bumi disebabkan karena strike-slip yang salah. Misalnya, ke-2 daerah mempunyai gerakan ke kanan dan daerah lainnya ke kiri. Pada akhirnya, pergerakan itu juga mengakibatkan patahan.

Lurus-lempeng itu sering usaha bergerak, tapi dihindari dengan gesekan lurus yang lain. Tetapi, kadang penekanan menimbun sampai pada akhirnya terjadi pergerakan pada permukaan.

Dalam kasus ini, lurus Arab bergerak ke arah utara dan menggerus lurus Anatolia. Gesekan lurus berikut yang mengakibatkan gempa bumi di periode kemarin.

Pada waktu itu, persisnya 13 Agustus 1822, gempa memiliki kekuatan 7.4 ini semakin sedikit kemampuannya dibandingkan dengan gempa yang barusan terjadi, yaitu pada Senin lalu dengan kemampuan 7,8.

Meskipun begitu, gempa dengan kemampuan 7.4 itu dahulunya mengakibatkan sekitaran 7.000 kematian yang terdaftar di Kota Aleppo.