Aksi KKB Papua Sandra Pilot Dan Bakar Pesawat

8

redakspil – Aksi KKB Papua , mengklaim bertanggung-jawab atas pembakaran pesawat sipil Susi Air di Nduga, Papua, Selasa (7/2/2023). Barisan separatisme Organisasi Papua Merdeka (OPM) itu mengklaim lakukan penyanderaan pada pilot asal Selindia Baru yang bawa armada udara dari Mimika, ke Lapangan terbang Paro di Pegunungan itu.Aksi KKB Papua , mengklaim bertanggung-jawab atas pembakaran pesawat sipil Susi Air di Nduga, Papua, Selasa (7/2/2023). Barisan separatisme Organisasi Papua Merdeka (OPM) itu mengklaim lakukan penyanderaan pada pilot asal Selindia Baru yang bawa armada udara dari Mimika, ke Lapangan terbang Paro di Pegunungan itu.

Juru Berbicara OPM Sebby Sambom menjelaskan, tindakan pembakaran pesawat itu dilaksanakan oleh Panglima Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Egianus Kogoya. “Pembakaran pesawat ini sudah dilaksanakan dengan argumen yang logis,” kata Sebby dalam tayangan jurnalis KKB yang diterima reporter di Jakarta, Selasa (7/2/2023).

“TPNPB sukses membakarnya,” kata Sebby melanjutan.

Pembakaran itu dilaksanakan di Lapangan Udara Paro, di Nduga, pada Selasa (7/2/2023). Versus KKB pesawat Susi Air bernomor register PK-BVY itu terbang dari Mimiki, ke Area Paro, di Nduga. Pesawat dengan

pilot masyarakat negara asing itu, datang sekitaran jam 06:26 waktu di tempat.

Daerah itu disebutkan Sebby, masuk ke wilayah peperangan, dan Wilayah Pertahanan III KKB Derakma Ndugama. Pimpinan peperangan di daerah itu, disebutkan Sebby, ialah Bridgen Egianus Kogoya. “Dan disampaikan jika, pilotnya telah kami tawanan, dan kami sedang membawa keluar,” demikian ikat Sebby.

Aksi KKB Papua
Aksi KKB Papua

Dengan penyanderaan itu, kata Sebby, KKB mengingati beberapa keamanan Indonesia, TNI, dan Polri untuk tidak lakukan serangan. Juga, tidak lakukan penangkapan asal-asalan pada masyarakat Papua. “Karena itu TNI Polri jangan tembak atau investigasi warga sipl di Nduga sembarangan. Karena yang lakukan pembakaran, ialah kami, TPNPB OPM Kodap III Ndugama, Derakma di bawah pimpinan Bridgen Egianus Kogoya,” demikian sabung Sebby.

Tapi KKB, kata Sebby, juga tidak jamin keselamatan pilot yang dalam penyanderaan sekarang. Karena disebutkan Sebby, dalam tuntutan KKB mengatakan, tidak akan melepaskan pilot pesawat itu, tiba di tujuan kemerdekaan Papua dianggap oleh Indonesia.

“Kami TPNPB Kodap III Ndugama, Derakma, tidak pernah kasih kembali atau kasih terlepas pilot yang kami tawanan ini. Terkecuali NKRI mengaku, dan bebaskan Papua dari negara kolonialnya,” papar Sebby.

Tuntutan yang lain, kata Sebby, minta pemerintahan Indonesia, hapus zone terbang masuk dan keluar di semua daerah Nduga. Dan minta pemerintahan Indonesia untuk bubarkan pemerintah wilayah Indonesia di Nduga.