5 Tips Gaya Hidup Untuk Mencegah Obesitas

6

Redaksipil – 5 Tips Gaya Hidup World Health Organization (WHO) menjelaskan pada 2021, lebih dari 1 miliar orang dewasa di penjuru dunia alami berat badan yang berlebih dan 650 juta salah satunya alami kegemukan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) di lain sisi mengutarakan jika jumlah kegemukan di Indonesia capai 21,8% dari keseluruhan komunitas. Angka ini bertambah dari 14,8% pada 2013.

Meskipun begitu, Tokopedia menyaksikan ada trend positif pada pembelian produk minuman dan makanan sehat, dan perlengkapan olahraga sejauh 2022.

“Kesadaran warga Indonesia akan keutamaan pola hidup sehat condong bertambah. Bisa dibuktikan dari ada kenaikan rerata jumlah transaksi bisnis pada subkategori Makanan dan Minuman Sehat dan Perlengkapan Olahraga di Tokopedia sebesar nyaris 1,5x lipat sepanjang 2022 dibanding tahun awalnya,” terang Head of Eksternal Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, dalam info tercatatnya, Sabtu (4/3).

Lima Panduan Style Hidup Sehat untuk Menahan Kegemukan

Menyongsong World Obesity Day 4 Maret 2023, Tokopedia bersama Pakar Nutrisi, Mochammad Rizal, membagi panduan untuk mengaplikasikan pola hidup sehat untuk menahan berlangsungnya kegemukan.

1. Olahraga 150 menit /minggu

WHO mereferensikan olahraga minimum 150 menit /minggu dengan intensif sedang sampai rendah.

“Penting untuk warga untuk pilih tipe olahraga yang imbang, seperti memadukan latihan aerobik dan angkat beban supaya massa otot dan lemak masih tetap imbang pada tubuh untuk capai berat tubuh yang bagus,” terang Rizal.

Untuk memudahkan warga memperoleh perlengkapan olahraga, Tokopedia mendatangkan Sportacular dengan cashback sampai Rp500.000.

“Kami menulis peningkatan jumlah transaksi bisnis nyaris 3x lipat pada kampanye Sportacular sepanjang 2022 dibanding 2021,” ungkapkan Ekhel.

Tokopedia menulis beberapa produk terlaku pada subkategori Perlengkapan Olahraga sepanjang 2022, diantaranya perlengkapan gym dan fitness, aksesori olahraga sampai sepeda.

2. Aplikasikan pembagian jatah makanan secara tepat

Yakinkan jatah makanan yang dimakan tidak besar atau kekecilan. “Warga dapat ikuti saran Kemenkes RI dengan membagikan piring jadi tiga sisi, yakni 1/2 isi piring diisikan oleh sayur dan buah, 1/4 isi piring diisikan oleh protein seperti daging, telur atau ikan dan 1/4 yang lain diisikan oleh sumber karbohidrat seperti nasi, mie atau roti,” terang Rizal.

Untuk mempermudah warga terhubung beragam produk minuman dan makanan, terhitung minuman dan makanan sehat, Tokopedia mendatangkan Tokopedia NYAM! yang tawarkan beragam promosi. “Kami menyaksikan kenaikan jumlah transaksi bisnis pada kampanye Tokopedia NYAM! sebesar lebih dari 2x lipat sejauh 2022,” terang Ekhel.

3. Penuhi konsumsi gizi imbang dengan meal rencana

Tiap pribadi mempunyai keperluan gizi yang lain. Karena itu dalam mengaplikasikan diet yang sehat, penting untuk menimbang konsumsi gizi yang imbang sesuai keadaan badan masing-masing.

Berikut gambaran singkat menu makanan yang bisa penuhi konsumsi gizi harian ala-ala Rizal.
Pagi-nasi putih satu sendok, telur dadar dua butir dengan minyak sedikit, tumis tempe dan cah sayur
Siang-nasi putih satu sendok, sayur asam 1 mangkuk, lauk tentukan yang tidak dimasak contoh pepes tahu; juga bisa makan buah yang mempunyai kandungan air tinggi (jeruk, jambu air dan sebagainya) mendekati makan siang
Sore-camilan buah atau susu; bila ingin olahraga dapat konsumsi sumber energi yang memiliki kandungan gula, contoh roti.
Malam-nasi putih satu sendok atau mie instant, dada ayam direbus/dibakar (langkah masak yang lain yang bukan dimasak), lahapan semangkok dan sambal

Data intern Tokopedia menulis jika pada subkategori Makanan dan Minuman Sehat sejauh 2022, produk mie dan pasta, beras, daging, susu dan olahan susu, dan bumbu dan bahan masakan jadi produk terlaku.

4. Tambahkan hormon dopamin dengan beraktivitas menggembirakan

Factor psikis memengaruhi kenaikan resiko kegemukan. Rizal menjelaskan, “Depresi dapat hasilkan hormon kortisol yang memacu penimbunan lemak dan kemauan makan terlalu berlebih. Untuk menangani depresi, warga condong konsumsi gula secara berlebihan untuk tingkatkan hormon dopamin, tetapi hal itu malah tingkatkan resiko kegemukan.”

Untuk menukar konsumsi gula berlebihan, warga dapat lakukan beragam kegiatan menggembirakan untuk tingkatkan hormon dopamin dengan alami, seperti jalan kaki di taman sampai bertandang ke tempat rekreasi.

Warga bisa beli beragam ticket selingan, seperti Dufan, konser musik, taman rekreasi dan sebagainya melalui Tokopedia untuk melepaskan depresi. “Tokopedia menulis kenaikan transaksi bisnis ticket tempat rekreasi seperti taman selingan sampai konser musik bertambah sejumlah 16 kali lipat sejauh 2022,” ungkapkan Ekhel.

5. Konsultasi dengan pakar nutrisi secara periodik

“Untuk warga yang alami kegemukan, dianjurkan untuk teratur konsultasi dengan pakar nutrisi tiap 1-2 minggu sepanjang 3-6 bulan. Pakar nutrisi akan mengawasi pengurangan berat tubuh, memandang apa pengurangan terlampau cepat atau mungkin tidak, dan pastikan apa yang lenyap ialah lemak atau massa otot,” terang Rizal.

Disamping itu, pakar nutrisi akan mengawasi kandungan cholesterol, asam urat dan gula darah, dan menolong mengawasi rutinitas makan untuk jaga skema makan yang sehat. Warga bisa secara mudah beli paket catering minuman dan makanan sehat lewat beberapa aktor usaha di Tokopedia seperti BekalKu POIN, Smothiemama dan The Good Fat Indonesia.

Cek berita menarik lainnya hanya di Redaksipil.com berbagai informasi terupdate dan terbaru dan viral telah kami rangkum untuk Anda.